NEWS

Pasien Positif Covid-19 Beltim Cluster Baru di Pulau Belitung

Lensabangkabelitung.com, Belitung – Hasil konfirmasi pasien positif Covid-19 dari Balitbangkes Biomedis dan Teknologi Dasar Kesehatan Kementerian Kesehatan RI di Kabupaten Belitung sekaligus menghasilkan case terbaru penyebaran dan penanganan Covid 19 di Pulau Belitung.

“Pasien 750 adalah pasien positif Covid 19 imported case kedua di Pulau Belitung,” jelas Bupati Belitung sekaligus Ketua Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Sahani dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 10 Mei 2020.

Sebelumnya diketahui, pasien 750 dinyatakan positif Covid 19 ke-5 di Pulau Belitung dan ke-29 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pasien 750 datang ke Belitung dari Jakarta pada Tanggal 6 April lalu.

“Pasien 750 bekerja tambang di Dusun Air Batu, Desa Batu Itam, Kecamatan Simpang Pesak, Kabupaten Belitung Timur. Menjalani swaisolasi selama 14 hari, dan melanjutkan pekerjaan di daerah tersebut,” terang Sanem.

Lanjut Sanem, Tanggal 29 April 2020, pasien 750 datang ke RSUD dr. H. Marsidi Judono untuk meminta surat keterangan bebas Covid-19, guna mendapat rujukan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung.

“Sebagai persyaratan dari maskapai pesawat terbang, dengan tujuan melakukan perjalanan pulang kembali ke tempat tinggalnya di daerah Bekasi,” paparnya.

Terkait hasil ini menyebabkan Kabupaten Belitung harus menunda dulu situasi daerah kembali ke Zona Hijau Covid 19.

Bupati berharap siapa saja masyarakat yang merasa pernah berada dalam satu ruangan, satu perjalanan dalam moda transportasi yang sama, pernah berinteraksi atau terjadi kontak dalam jarak dekat kepada pasien 750 untuk segera menghubungi petugas tracking Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung atau Kabupaten Belitung Timur.

“Untuk dilakukan pemeriksaan sesuai ketentuan yang berlaku demi menghindari dan mengendalikan penyebaran Covid 19,” kata Bupati menjelaskan.

Penulis: Rizky | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button