NEWS

Pengadilan Negeri Koba Jalani Sidang Perkara via Teleconference

Lensabangkabelitung.com, Koba – Ada pemandangan yang tak biasa dalam persidangan di Pengadilan Negeri Koba, hari ini. Majelis hakim bersama Jaksa Penuntut Umum dan saksi berada di ruang persidangan. Namun, terdakwa dan penasehat hukumnya secara fisik tak ada di ruangan itu. Meski demikian persidangan tetap berjalan. Tapi jangan dulu ambil kesimpulan persidangan ini in absentia. Bukan, sama sekali bukan. Ini tetap persidangan normal. Terdakwa dan penasehat hukumnya berada di rumah tahanan, dan kehadiran mereka lewat layar yang disiarkan secara live. Persidangan via teleconference.

“Mulai hari ini kita berlakukan persidangan online, teleconference,” kata Ketua Pengadilan Negeri Koba, Yuliyana, Rabu 1 April 2020 kepada Lensabangkabelitung.com.

Dikatakannya, persidangan dengan peralatan teleconference itu, menindaklanjuti surat dari Direktur Jendral Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung RI no 397/DJU/PS.00/3/2020 tanggal 27 maret 2020 perihal persidangan perkara pidana secara teleconference.

“Dengan dilakukan persidangan sistem online ini, untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 yang lagi menyebar dimana-mana,” jelasnya.

Jalannya persidangan teleconference di hari pertama berlangsung lancar. Tiada kendala soal sinyal jaringan.

Penulis: Hendri | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button