ARTIKELNEWSOPINI

Pandemi Corona di Daerah Menjelang Pilkada

*Sebuah Tinjauan

PENANGANAN virus corona di daerah yang dalam waktu dekat akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) butuh atensi khusus dari masyarakat, aktivis pemerhati sosial, dan pers yang objektif dalam pelaksanaan kegiatan jurnalistik sehari-hari.

Bukan berniat untuk berburuk sangka, tapi tentu saja ada kesempatan bagi para aktor politik untuk memanfaatkan celah, apa lagi bagi para Bakal Calon Kepala Daerah yang ingin dilihat bahwa untuk masyarakat mereka peduli dan bekerja.

Alih-alih memberantas Covid-19, mungkin yang ada di dalam benak hanya sekedar mencoba untuk memainkan ‘panggung’ agar masyarakat bisa melihat bahwa mereka sedang berusaha dan tidak berpangku tangan. Solusi yang ditawarkan pun tampak tidak inovatif dan solutif, bahkan beberapa diantaranya hanya kegiatan dan kunjungan yang tampak oleh banyak mata, bukan kebijakan yang efeknya bisa dirasakan langsung secara nyata.

Percayalah, pemberantasan penyebaran virus Covid-19 ini sungguh sangat bergantung pada lapisan masyarakat, maka dari itu diperlukan adanya kebijakan serta kontrol yang efisien dan efektif dari pemerintah daerah. Kebijakan stay at home dan physical distancing dari pemerintah pusat harus didukung pula oleh kebijakan dan program yang selaras dari daerah, seperti jaminan ekonomi dan sosial untuk masyarakat selama stay at home dan mematuhi physical distancing ini.

Semoga saja pandemi Covid-19 ini tidak menjadi medan perang politik bagi para politisi untuk berpacu elektabilitas guna meraup suara pada pilkada nanti. Silahkan saja jika ingin beradu ide dan gagasan penanganan penyebaran Covid-19, namun jangan saling serang dan menampakan citra diri dulu untuk saat ini, sebab masyarakat tidak butuh itu.

Jika ego para Bakal Calon Kepala Daerah ini terjadi, masyarakat yang akan menjadi korban. Maka dari itu, mari kita sama-sama awasi dan berikan stimulus positif kepada para aktor politik yang ada di daerah masing-masing agar bersama kita semua selamat dari pandemi Covid-19 ini.

*Oleh: Sepri Sumartono (Jurnalis Lensabangkabelitung.com)

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button