NEWS

Molen Siapkan LPMP Tempat Karantina ODP dan PDP, Seperti Hotel Bintang Tiga

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Gerak cepat dilakukan Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil. Menyadari Pulau Bangka telah zona merah, penanganan Covid-19 harus segera dilakukan agar tidak menulari warga Kota Pangkalpinang. Untuk itu, Walikota telah menyiapkan lokasi isolasi bagi Orang Dalam Pemantauan (ODP) sekaligus antisipasi bila bertambahnya Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini.

Dikatakannya, tempat yang dipilih Pemkot Pangkalpinang adalah gedung dan kamar beserta fasilitas pendukung di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) sebagai lokasi karantina bagi ODP.

“Hari ini kita dapat pinjaman dari LPMP untuk menggunakan fasilitas mereka sebagai lokasi karantina,” kata Molen, kepada Lensabangkabelitung.com, Rabu, 1 April 2020.

Untuk keperluan karantina ini di LPMP ini, Pemkot menyediakan sebanyak 50 kamar dengan fasilitas lengkap.

“Ini kerenlah. Alhamdulillah, bahkan sudah kayak sekelas hotel bintang tiga,” tuturnya.

Molen mengatakan, penggunaan LPMP sudah tepat, mengingat keberadaan bangunan beserts seluruh fasilitas di dalamnya jauh dari lingkungan pemukiman penduduk. “Ada lapangan luas untuk berjemur. Sarana olahraga. Terjamin,” ungkapnya.

Molen juga menjamin selama siapapun yang berstatus ODP dan PDP saat menjalani masa karantina di LPMP akan dicukupi kebutuhannya. “Makan minum gratis. Kita siapkan,” kata dia.

Menariknya, untuk keperluan makan minum bagi ODP maupun PDP selama menginap di LPMP akan melibatkan warung makan skala UMKM yang ada di Kota Pangkalpinang. Hal ini sekaligus menjawab keluhan UMKM yang terpaksa menutup dagangannya lebih cepat di jam 8 malam demi menjaga kesehatan bersama.

“Warung makan dan restoran UMKM masyarakat kita yang sudah harus tutup jam 8 malam, kita libatkan. Mereka yang membuat pesanan makanan ini,” tukasnya.

Adapun untuk keperluan pengantarannya, akan menggunakan armada ojek online di Kota Pangkalpinang. “Jangan khawatir, ojek online akan kita libatkan juga di sini,” kata Molen.

Sementara itu, dengan kepastian penggunaan LPMP ini, sekaligus menutup spekulasi akan penggunaan rusunawa yang sempat dihembuskan sebagai lokasi karantina beberapa waktu lalu.

Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button