LENSA POLITIKNEWS

KPU Bangka Barat Akan Kembalikan Dana Hibah Pilkada dari Pemkab

Lensabangkabelitung.com, Muntok– Dana hibah untuk Pilkada Bangka Barat yang diberikan oleh pihak Pemkab nampaknya akan segara dikembalikan oleh KPU. Kata Pardi selaku Ketua KPU Bangka Barat, hal tersebut dikarenakan adanya penghentian semua tahapan pilkada yang diinstruksikan oleh KPU RI.

“Jadi pada dasarnya KPU sudah menghentikan semua tahapan, menunggu perpu, karena itu kami tidak ada kegiatan lagi, sementara ini dihentikan, sampai kita menunggu perpu” ungkap Pardi, Rabu, 1 April 2020 kepada Lensabangkabelitung.com.

Sesuai dengan NPDH yang sudah ditandatangani pada bulan Oktober 2019 lalu, besaran dana hibah pilkada yang diberikan oleh Pemkab kepada KPU Babar senilai 15,9 miliar. Namun karena dana hibah tidak bisa dicairkan seluruhnya secara serta merta dalam satu waktu –atau mesti dengan cara bertahap, maka yang akan dikembalikan oleh KPU tidak sebesar Rp 15,9 miliar.

Sejauh ini KPU Babar hanya sempat melakukan pencairan dana hibah tahap pertama sebesar Rp 6 miliar, dan telah menggunakan dana tersebut sekitar 20 persen saja untuk beberapa tahapan pilkada yang telah dilakukan.

“Jadi kita menunggu saja keputusan KPU RI terkait pengembalian sisa dana hibah. Misalnya kata Perpu, pemilunya ditunda satu tahun, berarti ada penjadwalan ulang dari KPU RI, untuk jadwal tahapan pemilu berikutnya, NPHD diusulkan ulang tahun depan,” kata Pardi.

Dia memprediksi, apabila nanti akan ada NPHD ulang maka kemungkinan besaran hibah untuk pilkada nantinya akan lebih kecil, karena ada beberapa tahapan yang sudah dilaksanakan sebelumnya.

Penulis: Sepri | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button