NEWS

Kapolres Bangka Selatan Ingatkan Warga Agar Tak Sebar Identitas Pasien Covid-19

Lensabangkabelitung.com, Toboali – Kepolisian Resort Bangka Selatan mengingatkan masyarakat agar tidak menyebarkan informasi terkait data identitas Orang Tanpa Gejala (OTG), Orang Dalam Pemantauan (ODP) maupun Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan juga pasien yang telah dinyatakan positif terinfeksi Covid-19.

Kapolres Bangka Selatan AKBP Ferdinand Suwarji mengatakan masyarakat juga dilarang untuk menyebarkan data identitas keluarga yang berstatus OTG, ODP, PDP dan PDP yang berstatus positif covid-19.

“Apabila ada oknum yang melakukan penyebaran data identitas yang dimaksud, maka ada sanksi hukum yang akan menjeratnya,” kata Ferdinand, Kamis, 2 April 2020.

Kasatreskrim AKP Albert Daniel Tampubolon menambahkan, ada ketentuan pidana yang mengancam bagi orang yang menyebarkan data identitas pribadi seseorang.

“Undang-undang RI nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik,” ujarnya.

Hal ini diatur dalam Pasal 54 Ayat (1) :

“Setiap orang yang dengan sengaja dan tanpa hak mengakses dan/atau memperoleh dan / atau memberikan informasi yang dikecualikan. dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun dan dipidana denda paling banyak Rp. 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah).”

Sementara itu, lanjut dia ada Pasal 322 KUHPidana :
Ayat (1)
“Barangsiapa dengan sengaja membuka sesuatu rahasia, yang menurut jabatannya atau pekerjaannya, baik yang sekarang, maupun yang dahulu, ia diwajibkan menyimpannya, dihukum penjara selama-lamanya 9 (sembilan) bulan denda sebanyak-banyaknya Rp. 9.000,- (sembilan ribu rupiah).”

“Dan, ayat 2 (yang berbunyi): jika Kejahatan dilakukan terhadap seorang yang ditentukan maka perbuatan itu hanya ditutut atas pengaduan orang itu,” jelasnya.

Red-BS

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button