NEWS

Disentil Bupati Karena Duluan Bergerak, Relawan #BeltimTidakSantuy: Ini Panggilan Nurani Kami

Lensabangkabelitung.com, Belitung Timur – Kelompok masyarakat di Kabupaten Belitung Timur yang tergabung dalam Relawan #BeltimTidakSantuy telah mulai bergerak membantu daerah dan masyarakat agar terhindar dari penyebaran virus Corona (Covid-19). Selain melakukan kegiatan sosialisasi dan penyemprotan disinfektan, saat ini juga dikembangkan aplikasi pendataan berbasis IT untuk memenuhi ketersediaan dan kevalidan data soal Corona.

Namun hal tersebut dibalas oleh Pemerintah Kabupaten Belitung Timur dengan memuat tulisan di laman Facebook Diskominfo Beltim pada 30 Maret 2020. Disitu termuat pernyataan Bupati yang seolah-olah menyentil kelompok masyarakat yang bergerak melakukan pendataan.

“Namun ada baiknya organisasi yang melakukan pendataan tersebut melakukan koordinasi ke posko yang ada di Desa dan Kecamatan atau ke Pusat Informasi Kabupaten sehingga tidak menimbulkan kebingungan war yang datang karena banyaknya pendataan yang tumpang tindih,” demikian yang tertulis dalam postingan tersebut.

Menanggapi pernyataan tersebut, Koordinator Relawan #BeltimTidakSantuy Wilayah Selatan Eko Dwi Putra mengatakan relawan #BeltimTidakSantuy merupakan satu dari beberapa gerakan kerelawanan kepemudaan yang secara sukarela berinisiatif menginisiasi dan mengeksekusi metode pendataan berbasis daring (IT) menggunakan smartphone.

“Pendataan itu bagi warga yang datang dari daerah berstatus zona merah yang dalam kurun waktu tertentu masuk ke Kabupaten Belitung Timur. Karena kami berkeyakinan ketersedian data, data yang valid dan up to date sangat penting untuk merencanakan dan melaksanakan suatu kegiatan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19,” ujar Eko dalam keterangan persnya yang diterima Lensabangkabelitung.com, Rabu, 1 April 2020.

Atas pertimbangan mendasar dan kebutuhan situasi kondisi, kata Eko, maka sejak Rabu 25 Maret 2020 Relawan #BeltimTidakSantuy mendata warga datang dengan mengunakan form isian online.

“Termasuk juga form isian online daftar pertanyaan penilaian resiko pribadi terkait Covid-19 yang mana konten, struktur dan harkat penilaiannya kami adaptasi dari satu diantara lampiran dokumen di Gugus Tugas Covid-19 Kluster Kesehatan (Kemenkes RI) Nasional,” ujar dia.

Menurut Eko, sepenemuan pihaknya di lapangan sampai dengan 28 Maret 2020, wujud dan peran Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Belitung Timur belum ada batang hidungnya.

“Apalagi soal Posko Covid-19 di kecamatan maupun desa. Jadi bagaimana kami mau berkoordinasi maupun bersinergi dengan yang bapak maksudkan tersebut,” ujar dia.

Eko menuturkan semua yang dilakukan tersebut tanpa simbol dan tanpa atribut, termasuk tanpa anggaran pemerintah. Hal tersebut merupakan panggilan nurani, kepedulian dan kemanusian akan betapa seriusnya jika di Belitung Timur ada yang positif Covid-19.

Untuk bapak Bupati ketahui, pendataan online yang kami lakukan ini hanyalah satu dari beberapa yang kami jibakukan saat bapak hampir 10 hari terakhir atau sebelum 29 Maret 2020 tanpa kabar berita,” ujar dia.

Eko mengatakan dalam situasi kondisi pencegahan penyebaran pandemi Covid-19 di Kabupaten Belitung Timur seperti saat ini, pihaknya menyakini perlu pendekatan based on asset atau apa yang kita punya, bukan based on problem atau apa yang kita tidak punya.

“Bapak Bupati, kami ini aset dan anak-anak bapak yang mau berbuat, berkontribusi dan bersama berikhtiar menghindarkan kita semua dari bahaya dan keburukan virus Corona (Covid-19). Intervensi kebijakan yang tepat dan cepat adalah bentuk mitigasi kebencanaan yangg berkontribusi untuk meminimalisir resiko akibat bencana,” ujar dia.

Eko menambahkan metode pendataan yang dilakukan tersebut sama persis dilakukan oleh satu diantara pemerintahan kabupaten dan kota di lingkup Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Di Belitung Timur sudah terlebih dahulu dilakukan oleh kami dalam kapasitas sebagai relawan, bukan upaya resmi pemerintah daerah,” ujar dia.

Penulis : Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button