NEWS

Di Namang, Camatnya Ibu-ibu, Gendong Tangki Disinfektan Nyemprot Pemukiman Warga

Lensabangkabelitung.com, Namang – Dengan menggendong tangki berisi cairan disinfektan, Camat Namang turun langsung menyemprot rumah-rumah warga. Istimewanya, camat satu ini adalah perempuan, seorang ibu-ibu. Ema Febriyarti, namanya.

Ema bersama seluruh Kepala Desa di kecamatan yang dipimpinnya, turun menyemprot disinfektan dalam mengantisipasi dan menghindarkan warga dari kemungkinan tertular oleh virus penyebab Covid-19. Turut bergabung juga, aparat dari Polsek Namang dan Koramil. Ema menjadi koordinator penyemprotan disinfektan di hari Minggu itu. Sementara para Kades memimpin penyemprotan di desa masing-masing.

Dalam penyemprotan itu, Ema juga berkeliling ke semua desa di Namang. Sedikitnya, dalam satu hari itu ada tiga desa yang kebagian disemprot disinfektan dari tangannya langsung,

“Sasaran penyemprotan, adalah pemukiman warga dan fasilitas umum yang belum sama sekali disemprot disinfektan,” kata Camat Ema, kepada Lensabangkabelitung.com, Senin 6 April 2020.

Penyemprotan disinfektan disambut antusias oleh warga. Secara mandiri tanpa dikomando, warga kompak menyuguhi makanan untuk para petugas. Warga yang memiliki tangki penyemprot hama, juga mengeluarkan peralatannya dan turun mengisi dengan cairan disinfektan dan kemudian ikut menyemprot.

“Alhamdulillah, warga menyambut kegiatan kami ini dengan antusias. Kegiatan penyemprotan disinfektan berjalan lancar,” ujar Ema.

Dikatakannya, selain menyemprotkan cairan disinfektan, secara door to door bersama Petugas Kesehatan Puskesmas Namang, juga melaksanakan sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Kemudian mengajak warga untuk selalu rutin berolahraga, makan-makanan bergizi serta tidak lupa memberitahukan agar warga rutin membuka pintu dan jendela di pagi menjelang siang hari hingga cahaya memasuki rumah setiap hari.

“Jika mengetahui adanya warga datang dari luar Babel, kami mengimbau agar melaporkannya ke aparat Desa setempat, sehingga bisa dilakukan pengecekan kesehatan. Tidak lain, semua hal ini kita lakukan dalam rangka mencegah adanya penyebaran wabah Covid-19 di Kecamatan Namang,” tutur Ema.

Penulis: Hendri Ahen | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button