NEWS

Deteksi Dini, Orang Tanpa Gejala Jangan Takut Rapid Test

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Orang Tanpa Gejala atau OTG merupakan orang atau carier yang dalam kondisi sehat, tanpa menunjukkan gejala-gejala terdampak Covid-19, sehingga OTG ini wajib mengikuti pemeriksaan deteksi dini dengan mendatangi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 atau rumah sakit rujukan yang sudah ditentukan pemerintah.

“OTG ini harus bisa menjaga kesehatan dan tetap memeriksakan diri ke pusat pelayanan kesehatan atau pun mengikuti pemeriksaan dengan rapid test, sehingga bisa diketahui positif mau pun negatif,” kata Ketua Sekretariat Pusat Komando Pengendalian dan Operasional (Puskodalops) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penanggulangan dan Pencegahan Penyebaran Covid-19 Babel, Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Jumat malam, 3 April 2020.

Dijelaskan Mikron Antariksa, bagi mereka yang OTG positif itu harus dikarantina petugas kesehatan, sehingga benar-benar dapat memulihkan kesehatannya dan dipastikan tidak ada lagi indikasi positif Covid-19 atau dinyatakan sembuh.

Sedangkan yang negatif bisa mengkarantina diri secara mandiri dengan tetap kesehatan dengan menjalani pola hidup bersih dan sehat, menjaga jarak, tidak keluar rumah apabila tidak penting.

“Hal ini sebagai langkah untuk masyarakat, agar lebih waspada dan memahami supaya dapat memeriksa diri secara mandiri ke pusat layanan kesehatan dengan mengikuti rapid test,” jelasnya.

“Jangan takut rapid test, ini upaya deteksi dini bagi warga juga supaya cepat ditangani petugas kesehatan,” paparnya.

Mikron mengatakan berdasarkan data yang diterima Puskodalops Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Babel hingga Jumat malam terdata sebanyak 173 orang OTG, proses pemantauan sebanyak 173 orang, selesai pemantauan nol, specimen diperiksa satu orang, positif nol dan negatif nol.

Sedangkan OTG ini tersebar di Pangkalpinang nol, Bangka nol, Bangka Tengah nol, Bangka Barat nol, Bangka Selatan 34 orang, Belitung 139 orang dan Belitung Timur nol. Untuk ODP sebanyak 622, proses pemantauan 478, selesai pemantauan 144, specimen diperiksa 13, nol positif dan delapan negatif.

Jumlah PDP sebanyak 33 orang, 19 proses pengawasan, 14 selesai pengawasan, 30 specimen diperiksa, dua positif dan 12 negatif.

Lanjutnya, berdasarkan data yang masuk untuk per wilayah, Pangkalpinang sebanyak 103 ODP, 68 proses pemantauan, 35 selesai pemantauan, enam pasien dalam pengawasan, tiga proses pengawasan dan enam specimen pemeriksaan, tiga negatif, nol positif dan nol meninggal.

Di Kabupaten Bangka terdata sebanyak 122 ODP, 89 proses pemantauan, 33 selesai pemantauan, empat PDP, dua proses pengawasan, dua selesai pengawasan, specimen diperiksa empat, dua negatif, nol positif meninggal dan nol sembuh.

Di Kabupaten Bangka Tengah terdata sebanyak 95 ODP diantaranya 76 proses pemantauan dan 19 selesai pemantauan, satu PDP, satu proses pengawasan, satu specimen diperiksa, nol negatif, nol positif dan nol meninggal dunia.

Sementara di Kabupaten Bangka Barat terdata sebanyak 24 ODP diantaranya 19 dalam proses pemantauan dan lima selesai pemantauan, kemudian tiga PDP yakni satu proses pengawasan dan dua negatif, tiga specimen diperiksa, nol positif, nol meninggal dunia.

Di Kabupaten Bangka Selatan terdata sebanyak 118 ODP, 104 proses pemantauan dan 14 selesai pemantauan, sebanyak empat PDP, dua proses pengawasan dan dua selesai pengawasan, tiga specimen diperiksa, satu positif, dua negatif, nol sembuh dan satu meninggal dunia.

Sedangkan di Kabupaten Belitung terdata sebanyak 155 ODP, 118 proses pemantauan dan 37 selesai pemantauan, 12 specimen diperiksa, nol positif, tujuh negatif, 11 PDP diantaranya delapan proses pengawasan dan tiga selesai pengawasan, 11 specimen diperiksa, satu terkomfirmasi positif, dua negatif, satu proses perawatan, nol sembuh dan nol meninggal dunia.

“Dan di Kabupaten Belitung Timur terdata sebanyak lima ODP diantaranya empat proses pengawasan, satu selesai pengawasan, satu specimen diperiksa, empat PDP dan dua proses pemantauan, dua selesai pemantauan, dua specimen diperiksa, dua negatif, nol positif, nol meninggal dunia,” pungkas Mikron.

Donny Fahrum | Release

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button