NEWS

BREAKING NEWS: Satu ODP di Pangkalpinang, Hasil Rapid Test-nya Positif

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Berdasarkan hasil rapid test yang dilakukan oleh petugas kesehatan di Kota Pangkalpinang, satu Orang Dalam Pemantauan (ODP) dinyatakan positif. Namun, untuk menentukan apakah telah positif terkena Covid-19 atau tidak, orang tersebut perlu diuji lagi dengan pemeriksaan tahap kedua melalui metode selanjutnya.

Kepastian adanya ODP positif dari hasil rapid test ini di Kota Pangkalpinang, disampaikan Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Kota Pangkalpinang dr Masagus Hakim, ketika dihubungi Lensabangkabelitung.com, Jumat, 3 April 2020 malam.

“Benar. Hari ini ada satu rapid test-nya positif,” ujarnya.

Namun dia menegaskan hasil rapid test positif ini TIDAK BISA serta merta menandakan seseorang telah positif Covid-19. “Harus ada pemeriksaan ulang lagi, lewat PCR,” kata dia.

Metode PCR atau Polymerase Chain Reaction adalah metode pengujian yang diawali dengan mengambil sampel swab spesimen dari tenggorokan, mulut atau hidung. Setelahnya, akan dilakukan serangkaian tes pada sampel swab tersebut. Dengan metode ini, dapat terlihat ada atau tidaknya DNA virus corona pada sampel tersebut.

Sampel swab spesimen dari Bangka Belitung, biasanya dikirim ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) milik Kementerian Kesehatan, Jakarta.

Sementara itu, dari informasi yang dihimpun Lensabangbelitung.com, pasien ODP yang hasil rapid test-nya positif itu telah dibawa ke Badan Diklat untuk dilakukan proses pengawasan dan perawatan.

Diketahui, orang yang mendapat hasil rapid test positif ini sebelumnya memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta. Dia menjalani masa ODP sejak 23 Maret 2020 lalu.

Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button