NEWS

Asimilasi Terkait Pencegahan Corona, 8 Napi Anak Dikembalikan ke Orangtua

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Pangkalpinang membebaskan 8 orang narapidana anak terkait pelaksanaan program asimiliasi dan integrasi dalam upaya penanganan virus Corona (Covid-19) di wilayah kerja Kemenkumham Bangka Belitung.

“8 anak sudah kita bebaskan kemarin dan kembali ke orang tua atau wali. Dari 8 orang anak tersebut, 6 orang untuk asimiliasi dan 2 orang anak dapat Pembebasan Bersyarat (PB),” ujar Kepala LPKA Pangkalpinang Nanang Kurnia kepada Lensabangkabelitung.com, Kamis, 2 April 2020.

Nanang mengatakan di LPKA sendiri sebelum ada program asimiliasi dan integrasi terkait Corona memiliki 24 warga binaan anak.

“Namun dari jumlah tersebut, hanya 15 yang memenuhi syarat sesuai dengan ketentuan Permenkumham nomor 10 tahun 2020. 7 anak lainnya sedang dalam proses untuk bebas dan menjalani asimiliasi di rumah,” ujar dia.

Sebelum 8 anak tersebut dibebaskan, kata Nanang, pihaknya memanggil para orang tua atau wali untuk diberikan pengarahan dan pembekalan terkait apa saja ketentuan saat menjalani asimiliasi di rumah.

“Orang tua tetap kita wanti-wanti saat penyerahan dan kita berikan pengarahan. Ketentuan sudah ada dan yang akan mengawasi adalah dari Bapas (Balai Pemasyarakatan),” ujar dia.

Menurut Nanang, seluruh napi anak yang dibebaskan kemarin dalam kondisi sehat sehingga tidak perlu khawatir soal kesehatan.

“Selama wabah Corona anak itu setiap pagi kita cek suhu tubuhnya terus olahraga dan berjemur. Setelah itu diberikan vitamin dan suplemen. Sampai saat ini sehat semua tidak ada yang sakit,” ujar dia.

Nanang menambahkan pihaknya sudah mengalokasikan anggaran yang diambil dari pergeseran alokasi anggaran untuk penanganan pencegahan penyebaran virus Corona.

“Yang penting tidak menyangkut untuk kebutuhan dasar. Kita sudah koordinasi untuk anggaran penanganan Corona yang diperuntukkan pengadaan bilik disinfektan dan pengadaan alat ukur suhu tubuh. Semua sesuai kebutuhan dan UPT LPKA sudah membentuk satgas untuk merinci kebutuhan yang dibutuhkan,” ujar dia.

Penulis : Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button