NEWS

Waduh! Usulan APD Covid-19 untuk Babel Belum Direspon Kemenkes

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Kekurangan Alat Pelindung Diri (APD) untuk membantu penanganan virus Corona (Covid-19) di Bangka Belitung nampaknya belum akan teratasi dalam waktu dekat. Hingga saat ini Dinas Kesehatan Bangka Belitung belum menerima apapun penambahan APD meski kasus Corona telah semakin melebar dan meluas.

Kepala Dinas Kesehatan Bangka Belitung Mulyono mengatakan kekurangan APD sudah disampaikan ke Kementerian Kesehatan beberapa waktu lalu.

“Saat ini surat usulan bantuan penambahan APD yang kita sampaikan belum mendapat balasan apakah akan dibantu atau belum. Sampai saat ini belum ada penambahan APD,” ujar Mulyono kepada Lensabangkabelitung.com, Selasa, 24 Maret 2020.

Selain APD, kata Mulyono, Bangka Belitung juga belum menerima bantuan alat Rapid Test Virus Corona dari pemerintah. Rapid Test Corona merupakan alat untuk melakukan tes virus Corona yang dilakukan secara massal dan dilakukan pemerintah setelah meniru Korea Selatan.

“Untuk wilayah Bangka Belitung Rapid Test Corona ini belum kita terima. Belum tahu kapan,” ujar dia.

Kekurangan APD tersebut sudah dikeluhkan beberapa rumah sakit di Bangka Belitung. Bahkan petugas medis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Eko Maulana Ali di Belinyu, Bangka, terpaksa menempuh resiko dengan menggunakan jas hujan sebagai APD saat menangani pasien.

Situasi tak aman bagi petugas medis ini, terjadi saat RSUD Eko Maulana Ali itu menangani dua pasien hasil penelusuran dan pengembangan dari orang yang terhubung dengan WNA asal Bangladesh yang sudah ditetapkan sebagai PDP (Pasien Dalam Perawatan) satu hari sebelumnya.

Sejak wabah Corona mulai massif diantisipasi, RSUD Eko Maulana Ali tercatat telah tiga kali menangani pasien terkait antisipasi Covid-19. Pertama, menangani satu pasien WNA dari Bangladesh. Kedua, rombongan WNA Bangladesh tersebut. Dan, yang ketiga saat menangani dua pasien yang terkait dengan penelusuran orang-orang yang terhubung dengan WNA Bangladesh tersebut.

Penulis : Vio | Editor: Donny

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close