NEWS

UN dan US Dibatalkan, Begini Nasib Kelulusan SMK/SMA di Babar

Lensabangkabelitung.com, Muntok– Berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan nomor 4 tahun 2020, Sudarni selaku Kacab Pendidikan Provinsi untuk wilayah Kabupaten Bangka Barat mengatakan bahwa Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah (US) untuk SMA/SMK/MA di Bangka Barat juga dibatalkan mengikuti arahan dari Surat Edaran tersebut.

Padahal diketahui dari Sudarni, seluruh SMK sudah melakukan UN pada tanggal 16-19 Maret, hanya saja untuk US yang sempat dilaksanakan beberapa hari langsung dihentikan ketika menerima Surat Edaran pada Kamis, 26 Maret 2020 kemarin. Sementara itu, untuk seluruh SMA di Bangka Barat sudah melaksanakan US sejak tanggal 8-9 Maret, namun UN yang belum sempat dilaksanakan harus dibatalkan.

Sudarni melanjutkan, sesuai SE Menteri Pendidikan untuk syarat kelulusan SMK/SMA sederajat menggunakan hasil akumulasi nilai rapot dari semester 1-5, dengan nilai semester 6 menjadi tambahan. Meskipun begitu, bagi sekolah yang sudah melaksanakan US silahkan untuk menggunakan hasil dari ujian tersebut sebagai syarat kelulusan seperti bagaimana seharusnya saat sebelum SE Menteri Pendidikan itu keluar.

“UNBK memang dari tahun sebelumnya memang tidak menentukan kelulusan, semangatnya memang untuk pemetaan kualitas pendidikan, yang menentukan kelulusan itu US, kalau yang sudah berlangsung (USnya,-red) ya dipakai, kalau yang belum, menggunakan akumulasi nilai rapot dari semester 1 sampai semester 5, apakah kemudian dengan kriteria KKM, itu kewenangan ada di sekolah, masing-masing sekolah yang berwenang,” demikian Sudarni.

Penulis: Sepri | Editor: Donny

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button