NEWS

Sejujurnya… RSUD Babar Belum Mumpuni untuk Isolasi PDP Corona

Lensabangkabelitung.com, Muntok – Rumah Sakit Umum Daerah Bangka Barat (RSUD Babar) dikatakan oleh Ratnosopi selaku Direktur belum mumpuni atau memenuhi syarat untuk melakukan isolasi suspect corona yang berstatus Pasien dalam Pengawasan (PDP). Hal itu karena RSUD Babar belum mempunyai ruang isolasi standar untuk melakukan isolasi.

“Memang dalam kenyataannya RSUD ini belum memiliki ruang isolasi, ruang itu ruang perawatan khusus yang standar, yang standar untuk merawat pasien dengan infeksius, baik itu pernafasan maupun non pernafasan, kalau sudah memiliki ruang isolasi maka konsekuensinya gedung itu harus standar, nah ruang isolasi itu ada dua, ruang isolasi tekanan negatif dan ruang isolasi tekanan positif, khusus untuk pernafasan itu kita menggunakan ruangan isolasi tekanan negatif dan itu memang kita belum punya,” jelas Ratnosopi kepada Lensabangkabelitung.com, Kamis, 26 Maret 2020.

Saat ini kata Ratnosopi, suspect corona berstatus PDP hanya dirawat di ruangan perawatan khusus yang tidak standar isolasi. Ruangan perawatan khusus itu dikatakan oleh Ratnosopi biasanya digunakan untuk merawat pasien TBC.

“Tanggal 23 itu masuk pasien baru suspect Covid-19, status PDP, karena dua rumah sakit ini penuh ruang isolasinya, maka mau ga mau kita harus terima, pasien ini rujukan dari RSBT Muntok,” pungkas Ratnosopi.

Terakhir, kata Ratnosopi selain permasalahan ruang isolasi, RSUD Babar juga belum siap terkait permasalahan APD, karena menurutnya terkait penanganan Covid-19 ini APD Tim Medis harus lengkap dari kepala hingga ujung kaki.

Penulis: Sepri | Editor: Donny

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button