LENSA KESEHATANLENSA NASIONALNEWS

Rp 3,56 Miliar Dihibahkan untuk Pengamanan Pilkada Bangka Barat

Lensabangkabelitung.com, Muntok – Melalui penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), total sejumlah 3,56 miliar rupiah dihibahkan untuk kegiatan pengamanan Pilkada Kabupaten Bangka Barat tahun 2020 nanti.

Rinciannya satu miliar (1.000.000.000) rupiah dihibahkan untuk pihak Kodim 0431/Babar dan dua miliar lima ratus enam puluh dua juta empat ratus enam puluh lima ribu (2.562.465.000) rupiah untuk Polres Bangka Barat.

“Pilkada ini, kita belum tahu, apakah akan tetap dilaksanakan di September 2020 ini atau akan dimundurkan, melihat berita online, kemungkinan besar pilkada ini akan dimundur, mungkin mundurnya satu tahun, saya tidak tahu, apakah pemerintah akan mengeluarkan perpu, itu kita menunggu kebijakan dari pusat,” jelas Markus pada sambutannya di ruang OR 1, Senin, 30 Maret 2020.

Mau diundur atau tidak, kata Markus yang saat ini menjabat sebagai Bupati Bangka Barat, pada prinsipnya pihak Pemda sudah menjalankan amanat dari Permendagri tentang dana hibah KPU maupun Bawaslu sudah dilaksanakan. Begitu juga untuk dana hibah yang akan ditandatangani hari ini, tapi untuk kelanjutannya Markus mengaku akan menunggu petunjuk dari pusat terlebih dahulu terkait apakah Pilkada akan dilakukan pada tahun ini atau tahun depan.

“Karena ini kan keadaan yang tidak bisa diduga, tidak bisa ditebak akan sampai kapan, pada prinsipnya Pemkab Bangka Barat sudah melakukan apa yang sudah diamanatkan oleh Permendagri, selanjutnya mari kita sama-sama menunggu petunjuk dari pusat,” demikian Markus.

Selanjutnya, AKBP Adenan Kapolres Bangka Barat pada sambutannya mengatakan, dengan melihat situasi sekarang, ia juga akan menunggu informasi lebih lanjut terkait KPU yang beberapa tahapan atau pelaksanaan kegiatan yang juga ada sedikit penundaan-penundaan.

“Mudah-mudahan terkait dengan penanganan virus corona ini juga tidak menghambat kegiatan-kegiatan kita dalam pelaksanaan Pilkada 2020 ini, namun demikian kita tetap melakukan antisipasi-antisipasi dalam hal pelaksanaan pengamanan pilkada,” ujar Adenan.

Lalu, Agung Wahyu Perkasa selaku Komandan Kodim Bangka Barat mengatakan mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah yang ia nilai bahwa satu langkah menuju pilkada tetap berjalan. Ia berharap kegiatan pilkada ini tidak tertunda dan terhambat karena adanya wabah Covid-19, dan tetap dilaksanakan sesuai prosedur yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Penulis: Sepri | Editor: Donny

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button