NEWS

Pemprov Babel Usulkan: 28-30 Maret Satu Penerbangan, 31 Maret – 6 April Stop

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Pemerintah Kepulauan Bangka Belitung akan mengusulkan kepada Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan RI untuk hanya melayani satu penerbangan saja pada tanggal 28, 29, dan 30 Maret 2020 menuju Bandara Depati Amir, Pangkalpinang. Pintu kedatangan hanya dibuka dari rute Jakarta-Pangkalpinang.

Selanjutnya, mulai tanggal 31 Maret hingga 6 April diusulkan tidak ada penerbangan sama sekali. Penerbangan di atas tanggal 6 Maret akan diputuskan kemudian. Adapun untuk Belitung, akan dikoordinasikan kembali mengikuti pola di Bandara Depati Amir.

Keputusan itu, diambil dalam rapat koordinasi Pemprov Babel bersama unsur Forkopimda dan pihak terkait yang dilangsungkan Kamis, 26 Maret 2020 sore di Ruang Rapat Tanjungpendam, Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung

Gubernur Erzaldi Rosman yang menyampaikan pendapatnya secara terpisah lewat video conference yang disiarkan live, mengatakan rapat mendadak yang dilakukannya hari ini setelah mencermati bahasan dan desakan dari beberapa tokoh peserta diskusi di Grup WhatsApp Good Bangka yang terjadi Rabu malam.

“Pada tanggal 28, 29 dan 30 Maret akan diusulkan satu penerbangan saja. Penerbangan hanya dibuka dari Jakarta ke Pangkalpinang. Penerbangan dari kota lain tidak diizinkan masuk ke Pangkalpinang. Lalu, dari tanggal 31 Maret sampai dengan 6 April, tidak ada penerbangan. Penerbangan setelah tanggal 6 akan diatur kembali,” kata Erzaldi dalam rapat sore tadi.

Adapun untuk pintu masuk dari pelabuhan laut, diputuskan hanya akan membuka Pelabuhan Pangkalbalam Bangka dan Pelabuhan Tanjung Ru di Belitung, yang akan tetap melayani kegiatan masuk sembako dan barang muatan lainnya, namun dengan disertai pengawasan ketat.

“Hanya untuk barang, tidak boleh bawa penumpang,” tegas Gubernur. Adapun pelabuhan kecil, semacam pelabuhan di Sungaiselan, akan ditutup.

Terkait dengan pintu masuk dari Pelabuhan Muntok, hanya akan dibuka siang hari dan dengan pengawasan super ketat. Juga, hanya untuk membawa barang tanpa penumpang.

Hasil dari rapat ini, besok akan dibawa ke Kementerian Perhubungan di Jakarta, untuk minta disetujui.

Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close