NEWS

Pemkab Bangka Siapkan GOR Tambang 23 untuk Tempat ODP Covid-19

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Mengantisipasi situasi terburuk dari tersebarnya virus Corona atau Covid-19, Pemkab Bangka telah menyiapkan Gelanggang Olah Raga yang berlokasi di Tambang 23 Sungailiat untuk tempat penampungan apabila ada Orang Dalam Pengawasan (ODP).

GOR tersebut bisa menampung 34-40 orang. Pemkab Bangka juga sudah menyiapkan tenaga medis,serta telah dilakukan penyemprotan disinfektan.

“Pasien ODP pun tidak diharuskan menginap di GOR, tetapi boleh di rumah. Dan, untuk penanganan status ODP meningkat menjadi Penderita Dalam Pengawasan (PDP), maka dokter akan merujuk ke rumah sakit yang telah ditunjuk, di Kabupaten Bangka ke RS. Eko Maulana Ali,” ungkap Boy Yandra Juru Bicara Bupati Bangka, Terkait Penanganan Gugus Covid -19, didampingi Kepala Pelaksana BPBD Bangka, M.Ansori Muslim dan Khairil Anwar saat jumpa pers di Posko Gugus Bersama Kabupaten Bangka, Selasa 24 Maret 2020.

Boy Yandra menjelaskan, sekarang ada lima ruangan di RS Eko Maulana Ali yang sedang dipersiapkan, untuk ruang isolasi bagi pasien PDP nantinya.

“Insha Allah, besok RAP selesai dan dua Minggu lagi ruang isolasi tersebut akan selesai dan bisa digunakan. Tetapi kita berharap masyarakat di daerah kita ini, berstatus PDP tidak meningkat lagi,untuk di Kabupaten Bangka sekarang, ada 3 kasus PDP dan ODP ada 32 kasus, kita berharap tidak naik lagi,” jelasnya.

Boy juga mengimbau ke masyarakat di Kabupaten Bangka agar mengucilkan warganya, apabila ada orang di lingkungan mereka yang berstatus ODP. Karena, menurutnya hal itu baru gejala saja, misalkan orang tersebut merasa meriang, pusing dan panas, tetapi apabila ia tidak pernah keluar dari Bangka Belitung, atau ke daerah, yang ada kasus Covid-19, bisa saja hal tersebut karena penyakit lain yang menyebabkan orang tersebut seperti itu.

Penulis : Vera

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close