NEWS

Pasien 02 ODP Beltim Jadi Misteri, Sampai Saat Ini Hasil Lab Belum Keluar

Lensabangkabelitung.com, Belitung – Hasil Uji laboratorium Biomedis Kementerian Kesehatan RI terhadap pasien 02 di Belitung hingga saat ini belum keluar. Padahal hasil uji laboratorium sampel swap diinformasikan akan keluar maksimal empat hari. Hingga saat ini di Pulau Belitung baru 14 pasien yang baru keluar hasil pemeriksaannya.

Direktur RSUD Marsidi Judono dr Hendra membenarkan jika saat ini RSUD Marsidi Judono sebagai rumah sakit rujukan Corona di Pulau Belitung belum menerima hasil uji laboratorium sampel pasien 02.

“Belum ada. Konfirmasi dari Kementerian Kesehatan juga belum ada. Karena sampel yang dikirimkan bersamaan dengan sampel 02, yakni sampel 01 sudah keluar hasilnya,” ujar Hendra kepada Lensabangkabelitung.com, Kamis, 26 Maret 2020.

Menurut Hendra, sampel pasien 02 dengan status Orang Dalam Pemantauan (ODP) sudah dikirimkan sejak 18 Maret 2020 lalu. “Saat ini untuk pasien 02 melakukan isolasi mandiri di rumah dengan status ODP. Yang bersangkutan berjenis kelamin laki-laki dengan usia 31 tahun,” ujar dia.

Hendra menuturkan pihaknya sudah proaktif menanyakan ke Kementerian Kesehatan terkait hasil sampel pasien 02 tersebut. Namun hingga saat ini belum didapat konfirmasi terkait hal itu.

“Sudah sering. Malah tiga kali sehari,” ujar dia.

Pada hari ini, kata Hendra, pusat biomedis Kemenkes menyampaikan kembali hasil pemeriksaan swab tenggorokan 3 dari sisa 4 spesimen pasen ODP yang diambil samplenya dan dikirim ke Jakarta.

Baca juga : Beltim Youth Center Dukung Langkah Pembatasan Akses Menuju Bangka Belitung

“Hasil pemeriksaan spesimen 3 ODP tersebut semuanya negatif terdiri dari pasien 021 wanita 26 tahun, pasien 022 laki-laki 81 tahun dan pasien 023 laki-laki 40 tahun. Dengan demikian sisa sample yang masih kami tunggu hasilnya adalah 1 pasen dengan status ODP yaitu pasen 002 yg sedang isolasi mandiri di rumah,” ujar dia.

Hendra menambahkan pihaknya bersyukur hasil pemeriksaan 14 pasien tersebut hasilnya negatif. Namun perlu diketahui masyarakat bahwa wabah corona belum berhenti karena setiap hari kasus baru positif covid-19 di Indonesia terus meningkat pesat.

“Dua hari terakhir RSUD Marsidi Judono pun masih menerima rujukan 2 pasien ODP maupun PDP dengan kondisi cukup mengkhawatirkan. Ada 4 pasen PDP yang saat ini sedang kami rawat di ruangan isolasi. Hari ini kami akan mengirim kembali 7 tabung spesimen swab tenggorokan dari 3 pasien PDP dan 1 pasien ODP ke laboratorium biomedis jakarta. Kita berharap dan berdoa semoga hasil pemeriksaan spesimen tersebut tetap negatif,” ujar dia.

Penulis : Vio | Editor: Donny

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button