NEWS

Mulai Besok, Penumpang Masuk Pelabuhan Muntok akan Disemprot Disinfektan

Lensabangkabelitung.com, Muntok – Mulai Rabu, 25 Maret 2020 besok, penumpang keluar dan masuk di Pelabuhan Penyeberangan Muntok akan disemprot disinfektan secara otomatis. Rudi yang merupakan salah satu staf (Kantor Kesehatan Pelabuhan) Muntok mengatakan bahwa penyemprotan itu dilakukan untuk membunuh Virus Covid-19.

Tidak hanya penumpang, termasuk barang-barang seperti tas dan lain-lain juga akan disemprot, hanya saja untuk barang-barang ini penyemprotan dilakukan secara manual oleh petugas.

“Penumpang agak sepi sekarang, cuma mobil yang cukup banyak, sopir-sopirnya dicek suhu dengan thermo gun, kite ni petugas kesehatan ada 4,” kata Rudi.

Penjagaan tim KKP Muntok ini berlangsung 24 jam hingga kedatangan kapal terakhir untuk dilakukan bongkar muat barang.

Kata Rudi, untuk penumpang selalu dilakukan pengecekan suhu tubuh dan gejala-gejala Covid-19, apabila penumpang tidak menampakan gejala dan suhu tubuh normal maka akan dibiarkan lewat begitu saja. Namun apabila ada menampakkan gejala dan suhu tubuh di atas 38 derajat maka akan dilakukan interview terlebih dahulu.

“Kalau penumpang datang yang ada gejala akan disampaikan ke Dinas Kesehatan, baik Babar atau Pangkalpinang, sesuai hasil interview, kemarin satu orang yang ODR (orang dengan resiko) dari penumpang masuk, cuma sekarang udah konsul ke Puskes Muntok, sekarang kondisi sudah membaik, yang lain selama ini tampak tidak ada gejala,” ungkapnya.

Terakhir terkait untuk keamanan dan ketahanan daya tubuh petugas kesehatan di Pelabuhan, Rudi mengatakan masih dianggarkan untuk pengadaan suplemen/vitamin, hingga untuk sekarang ia masih membawa vitamin secara pribadi.

Penulis: Sepri | Editor: Donny

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button