NEWS

Lockdown Terbatas, Mulai Besok Pelabuhan Tanjung Kalian Tidak Lagi Layani Penumpang

Lensabangkabelitung.com, Muntok – Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok mulai besok tidak akan melayani lagi penumpang untuk bepergian ke wilayah Sumatera Selatan dalam hal ini menuju Pelabuhan Tanjung Api-api. Begitu pun sebaliknya. Penumpang dari Tanjungapi-api ke Muntok, otomatis tertolak. Yang ketahuan membandel dan kucing-kucingan menyeberang, tidak diperkenankan turun.

“Arus datang tetap ada, tapi dalam bentuk kendaraan logistik,” ungkap Rudi GM ASDP Ferri Indonesia Cabang Muntok, Minggu, 29 Maret 2020.

Kata Rudi, trip terakhir dari Tanjung Api-Api yang akan diberlakukan besok adalah pukul 4 sore, sehingga sampai di Pelabuhan Tanjung Kalian pukul 8 malam. Untuk penumpang, yang diperbolehkan berpergian adalah orang dengan kebutuhan yang sangat genting atau darurat seperti anggota TNI/Polri, tenaga kesehatan, dan pasien dengan rujukan rumah sakit.

“Untuk penumpang (dengan keberangkatan pribadi,-red) kita larang, tidak akan kita layani,” tegas Rudi.

Kebijakan itu diketahui oleh Rudi seharusnya sudah diberlakukan hari ini, namun kemarin belum mencapai kesepakatan dengan perusahaan operator kapal karena permasalahan penjadwalannya yang belum ada.

“Total lima trip sampai jam 4 berlaku mulai besok, sejauh ini (hari ini) masih berlaku 7 trip hingga malam nanti, ya (mulai besok,-red) lockdown terbatas,” jelas Rudi.

Kebijakan ini menindaklanjuti Surat Gubernur dan Surat Edaran dari Dirjen Perhubungan Laut serta KSOP. Sesuai Surat Gubernur diperkirakan kebijakan ini berlaku hingga tanggal 11 April 2020, tapi juga akan memperhatikan bagaimana kondisi saat itu.

Penulis: Sepri | Editor: Donny

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button