NEWS

Wartawan Diminta Tak Mempelintir Berita Soal Pilkada

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Zulkarnain menegaskan wartawan harus netral dalam membuat suatu berita, termasuk berita tentang pemilihan kepala daerah (pilkada).

“Wartawan itu harus netral, beritanya harus berimbang, harus cek and ricek, yang saya tau seperti itu, karena saya juga pernah mengikuti kegiatan jurnalistik selama tiga bulan, “kata Zulkarnain kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Senin (29/1/2018).

Menurutnya dalam membuat suatu berita pilkada jangan sampai menguntungkan satu pihak atau salah satu pasangan calon. “Seperti kami (KPU-red), sebagai penyelenggara tidak boleh mengeluarkan pernyataan apapun yang bersifat partisan,”katanya. 

Kedepan KPU Bangka akan mengaktifkan lagi humas, agar berita bisa satu pintu. Pernyataan ini dibuat Zulkarnain berkenaan dengan adanya salah satu media yang membuat berita KPU telah memihak salah satu calon, padahal menurutnya, berita itu tidak benar.

Menurutnya, KPU tidak pernah membuat pernyataan bahwa Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pasangan salah satu calon bupati dan wakil bupati Bangka sudah memenuhi syarat. 

“Saya malah membuat statement seluruh pasangan calon bupati dan wakil bupati tidak memenuhi syarat (TMS), ada pasangan calon yang form-nya tidak memenuhi syarat, ada pasangan calon yang tanda terima dalam proses, tetapi sudah dibenahi dan ada masa perbaikan,”jelasnya. 

Untuk itu, Zulkarnain menghimbau kepada wartawan agar netral, dalam membuat berita harus klarifikasi dulu. “Terlepas dari apapun, tolong jangan mempelintir berita yang bisa membuat resah pasangan lain, kalo memang ada pernyataan saya yang seperti itu, silahkan saya di DKPP- kan dan saya akan buktikan dengan meminta saksi saksi yang lain,” jelasnya. 

Ditambahkan Zulkarnain “Saya juga telah mengklarifikasi dengan pasangan calon yang lain, bahwa pernyataan itu tidak benar, dan mereka juga memahami itu. Memang ada pihak- pihak yang ingin berita itu bisa menguntungkan salah satu calon tertentu,”tutupnya. 

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button