NEWS

Efek Covid-19, KONI Babel Hentikan Sementara Pelatda PON

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Imbas virus Corona, turut menerpa dunia olahraga. Mencermati surat dari Kemenpora perihal Protokol Kewaspadaan Pencegahan Wabah COVID-19, maka sebagai langkah preventif pencegahan penyebaran di lingkungan KONI Kepulauan Bangka Belitung dan sekitarnya, KONI Babel berinisiatif menghentikan sementara Program Pelatda Terpusat PON XX Papua 2020.

Penghentian sementara ini untuk semua Pelatda yang dilaksanakan di luar daerah maupun di dalam daerah, mulai tanggal 23 Maret 2020 sampai dengan 31 Mei 2020, atau menyesuaikan dengan perkembangan wabah Covid-19.

Selanjutnya, atlet tetap berlatih secara mandiri dengan bimbingan pelatih melalui long distance supervision.

Kewaspadaan terhadap Virus Covid-19 ini tertuang dalam Surat Edaran KONI Babel bernomor 95/HMB/BBL/III/2020 yang ditandatangani Ketua KONI Babel Elfandi pada tanggal 19 Maret 2020.

Berikut ini poin lengkap dari Surat Edaran Ketua KONI Babel terkait kewaspadaan dan langkah mengantisipasi Covid-19:

  1. Menghentikan sementara Program Pelatda terpusat PON XX-2020 Papua yang dilaksanakan di luar daerah maupun di dalam daerah mulai tanggal 22 Maret 2020 sampai dengan 31 Mei 2020 atau menyesuaikan dengan perkembangan wabah virus Covid-19 corona. Atlet tetap berlatih secara mandiri dengan bimbingan pelatih melalui long distance supervision.
  2. Menunda sementara pelaksanaan kegiatan/mengikuti kejuaraan di masing-masing cabang olahraga baik di dalam maupun di luar daerah.
  3. Menghindari sementara waktu mengunjungi tempat-tempat keramaian, khusus untuk atlet tetap fokus latihan di tempat latihan (bukan tempat latihan umum) dan kembali ke asrama/rumah masing-masing setelah berlatih.
  4. Kebijakan tentang keberlangsungan kegiatan olahraga cabor tertentu yang sedang dan akan dilaksanakan baik di dalam maupun luar diserahkan kepada Pengprov cabor masing-masing, dengan membuat aturan main tidak melibatkan orang asing serta tetap memperhatikan perkembangan penyebaran virus Corona di tanah air.
  5. Melarang/membatalkan perjalanan ke luar daerah khususnya daerah yang sedang terkena wabah Virus Corona dan daerah yang berpotensi terdampak yang sama.
  6. Kepada yang baru kembali dari daerah yang terkena dampak Virus Corona, segera melapor ke instansi resmi yang ditunjuk daerah untuk melakukan pemeriksaan dan disarankan untuk berdiam diri dahulu di rumah/kediaman, menghindari kontak langsung dengan orang lain selama 14 (empat belas) hari.
  7. Menjaga kebersihan lingkungan kerja/tempat latihan dengan menyiapkan cairan antiseptik untuk tangan, sabun pencuci tangan dan menggunakan masker serta membuang tissue atau alat-alat lain yang digunakan untuk batuk/bersin-bersin ke tempat sampah yang telah disediakan, dan petugas kebersihan segera membersihkannya.
  8. Makan makanan yang sehat, bergizi dan bersih untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menghindari makan makanan yang bisa membuat tubuh/badan menjadi tidak sehat dan lemah (menurunkan imunitas) yang membuat virus mudah menyerang kita.
  9. Selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap lingkungan sekitar, jika melihat gejala-gejala orang di sekitar kita yang sudah terkena agar segera menghindar/menjauhkan diri segera dan lakukan pencegahan sesuai instruksi Depkes RI/Badan Kesehatan lainnya sesuai standar WHO.
  10. Jika kita/saudara/keluarga kita mengalami gejala-gejala seperti gangguan pernafasan, demam/panas yang tinggi, tenggorokan terasa sakit, segera melapor ke klinik resi yang telah ditunjuk oleh Pemerintah Pusat/Daerah, tanpa Anda merasa malu atau menutup diri.
  11. Untuk menghindari penyebaran, segera laporkan jika melihat ada hal-hal yang mencurigakan di sekitar lingkungan kerja maupun di sekitarnya.
  12. Bagi yang memerlukan informasi dini, dapat menghubungi Bidang Kesehatan KONI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung: dr Riza Jayanti kontak person 0811-717-1104 atau langsung ke tempat Praktek Apotek 24 jam Jln Masjid Jamik Pangkalpinang dari pukul 17.00 – 21.00 WIB.

“Demikian Surat Edaran ini untuk dilaksanakan dan disampaikan agar dapat bersama-sama melakukan pencegahan dan kewaspadaan sejak dini terhadap penyebaran Virus Covid-19. Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu melindungi kita semua. Amiin,” kata Ketua KONI Babel Elfandi di akhir surat edarannya.

Release

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close