NEWS

Di Belitung Harusnya Hanya Jadwal Citilink, Lion Air Group Ngotot Terbang

Lensabangkabelitung.com, Belitung – Pembatasan dan pengurangan frekuensi penerbangan diwilayah Belitung sebenarnya diberlakukan efektif hari ini tanggal 31 Maret 2020. Pembagian jadwal dan maskapai yang berhak juga sudah jelas terpapar.

Apabila melihat pembagian jadwal yang berhak terbang hari ini adalah maskapai dari Citilink. Tetapi, maskapai berlogo kepala singa masih ‘nakal’ terbang ke bandar udara H AA. Hanadjoeddin. Situasi ini sama seperti di Bandara Depati Amir, Pangkalpinang, ketika Lion Air ngotot masih terbang di saat maskapai lain taat pada kesepakatan batas penerbangan.

Saat dikonfirmasi, Pelaksana Tugas Executive General Manager Kantor Cabang Bandar Udara H AS Hanadjoeddin Tanjungpandan Nanang N Saputro membenarkan bahwa maskapai Lion Air masuk hari ini. “Wings sama Batik dibawah manajemen Lion masih terbang hari ini. Terbang ke Tanjungpandan,” katanya kepada Lensabangkabelitung.com, Senin, 31 Maret 2020.

Dia menuturkan dengan kesepakatan pembatasan dan pengurangan frekuensi penerbangan adalah wewenang antara pemerintah dengan maskapai itu sendiri. Pihak bandara dalam hal ini Operator Angkasa Pura berpedoman dari Dirjen Perhubungan Udara.

“Secara jelas bandara akan terus terbuka dan beroperasi sesuai dengan jam operasinya. Pembatasan atau pengurangan itu bandara tidak terlibat, wewenang pemerintah dengan maskapai. Kalau dari satu dua hari itu masih ada maskapai tidak nurut itu harus dikomunikasikan antara maskapai dengan Gubernur,” jelas Nanang.

Nanang mengatakan, memang sebagai besar maskapai sudah sepakat untuk pembatasan penerbangan. Kalaupun jika masih ada maskapai ‘nakal’ beroperasi akan menjadi tugas pemerintah.

“Masalah tersebut dikembalikan pihak maskapai dengan pemda. Kalaupun mengindahkan surat gubernur seharusnya tidak terbang,” tukasnya.

Dia mengatakan saat ini pihak Pemerintah Provinsi, DPRD, dan instansi terkait sedang rapat dengan maskapai Lion Air membahas pembatasan penerbangan. Akan dilanjutkan dengan rapat oleh pemerintah,” tutupnya.

Penulis: Rizky | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button