NEWS

Dana Rp 27 M Penanganan Corona Mulai Dimanfaatkan, Ternyata Baru Ini yang Dibeli

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Pemerintah Provinsi bersama dengan DPRD Kepulauan Bangka Belitung telah menyetujui anggaran sebesar Rp 27 miliar untuk percepatan penanganan kasus virus Corona (Covid-19) di Bangka Belitung. Setelah disahkan, pemerintah mulai melakukan order sejumlah barang yang berkaitan dengan penanganan kasus Corona.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Bangka Belitung Naziarto mengatakan saat ini sebagian kebutuhan medis untuk penanganan kasus Corona sudah mulai dipesan, termasuk Alat Pelindung Diri (APD).

“Sebagian sudah kita order. Kita order lagi seperti APD. Kalau VTM rencana sampai tanggal 6. Untuk Insektisida, akan kita order dalam waktu dekat,” ujar Naziarto kepada Lensabangkabelitung.com, Selasa malam, 31 Maret 2020.

Sedangkan kebutuhan baju APD dan masker, kata Naziarto, baru akan diorder pihaknya malam ini. Namun untuk kebutuhan lain masih belum tahu kapan mulai diorder.

“Jumlahnya yang kita order tidak sesuai dengan yang direncanakan semula. Karena memang tidak tersedia sejumlah itu. Terbatas dan hanya bisa dilakukan bertahap,” ujar dia.

Naziarto menuturkan sudah ada alkes yang di-droping ke Rumah Sakit yang ada di Bangka Belitung. Jika masih kurang, saat ini masih tersedia untuk baju APD.

“Kalau kurang masih tersisa 1000 lebih APD. Hanya saja APD untuk baju. Belum lengkap dengan kacamata, sepatunya dan pelindung lainnya. Nanti akan kita beli juga semuanya,” ujar dia.

Menurut Naziarto, dia sudah meminta kepada Dinas Kesehatan untuk segera memesan semua keperluan media yang diperlukan untuk penanganan kasus Corona.

“Saya juga sudah minta untuk itu disegerakan dan secepatnya sampai ke Bangka Belitung,” ujar dia.

Sumber Lensabangkabelitung.com dari pihak medis mengatakan tim medis mulai khawatir karena kebutuhan alat kesehatan penunjang penanganan kasus Corona untuk wilayah Bangka Belitung masih banyak yang kurang.

“Saat ini sudah dua positif. Bukan tidak mungkin ini akan bertambah dan menyebar ke daerah lain. Tolong wartawan tanyakan apa saja yang sudah dibeli dari dana Rp 27 miliar itu,” ujar dia.

Sumber tersebut menambahkan kebutuhan APD yang dibutuhkan untuk Bangka Belitung sekitar 8 ribu unit. Untuk lebih aman, kata dia, paling tidak ada 10 ribu APD.

“Sekarang untuk ketersediaan rata-rata masih di angka tiga ribuan. Tentu masih kurang. Jadi kita harapkan persoalan ini bisa cepat teratasi. Karena jujur saja kami juga khawatir soal APD yang masih kurang ini,” ujar dia.

Penulis : Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button