NEWS

Cegah Corona, Wabup Beltim Pakai Pengeras Suara Ingatkan Warga yang Santuy di Warkop

Lensabangkabelitung.com, Belitung Timur – Wakil Bupati Belitung Timur Burhanuddin bersama dengan Kapolres dan Ketua DPRD melakukan imbauan kepada masyarakat di Kecamatan Manggar dalam upaya pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19). Dalam kegiatan tersebut, tim menemukan banyak warga yang masih di warung kopi.

“Mohon bapak-bapak yang masih di warung kopi agar kopinya dibungkus dan minum di rumah. Ini kami sampaikan agar kita terhindar virus yang mematikan ini. Ayo semuanya pulang,” ujar Burhanuddin dengan menggunakan pengeras suara saat melakukan kegiatan imbauan pencegahan Corona di wilayah Kecamatan Manggar, Minggu sore, 29 Maret 2020.

Kepada Lensabangkabelitung.com, Burhanuddin yang akrab dipanggil Aan itu mengatakan sosialisasi yang dilakukan adalah untuk menekankan kembali kesadaran masyarakat secara langsung meski Pemkab Belitung Timur sudah menyebarkan edaran tentang pencegahan Corona.

“Kalau surat yang kita sebarkan mungkin hanya dibaca dan dilihat. Atau mungkin tidak diindahkan masyarakat. Jadi kita berikan sosialisasi secara langsung kepada masyarakat,” ujar dia.

Aan meminta masyarakat Belitung Timur tidak menganggap remeh penyebaran virus Corona karena hal tersebut sangat berbahaya.

“Jangan kita memudahkan sesuatu sehingga kita anggap santai. Corona virus yang sudah mewabah di dunia. Dan Indonesia salah satunya yang terinfeksi sehingga membuat kita prihatin sebagai suku bangsa,” ujar dia.

Aan menuturkan pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menjaga Belitung Timur agar tidak menjadi daerah zonasi merah Corona.

“Untuk itu kita turun ke masyarakat berikan himbauan. Bukan membatasi masyarakat. Tapi kita ingin masyarakat paham bahwa kita turun ini karena kita sayang dengan masyarakat dan kita cinta dengan daerah ini. Karena kekhilafan masyarakat yang masih berkumpul bisa jadi faktor penyebab penyebaran Corona. Siapa tahu yang berkumpul ada yang terinfeksi,” ujar dia.

Aan menambahkan para orang tua dihimbau untuk menjaga anak-anaknya jangan sampai keluar rumah dalam upaya membantu pemerintah daerah mencegah penyebaran Corona.

“Kita meliburkan mereka supaya belajar di rumah. Dan orang tua mengontrol anaknya di rumah. Kita butuh peran semua pihak agar masyarakat tidak melakukan kegiatan di luar. Kita mulai hari ini sosialisasi ke Manggar dan akan terus melakukan sosialisasi. Besok rencananya ke Kecamatan Gantung dan diikuti kecamatan lainnya di Belitung Timur,” ujar dia.

Penulis: Vio | Editor: Donny

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button