NEWS

Bukan Aib, Please… Jangan Diskreditkan Orang yang Termasuk Daftar ODP

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Menjadi bagian dari Tim Gugus Tugas Covid-19 Bangka Belitung, Dokter Astrid mendapati masih banyaknya kesimpang-siuran di dalam masyarakat. Terutama dalam membedakan status Orang Dalam Pantauan (ODP) dan Pasien Dalam Perawatan (PDP).

“Istilah ODP dan PDP sering terbolak-balik. Masyarakat perlu kami luruskan,” kata dr Astrid, dalam konferensi pers yang berlaangsung Rabu, 25 Maret 2020 sore.

Dijelaskannya, ODP adalah orang dalam pemantauan. Orang dalam pemantauan itu bisa saja sehat tidak ada gejala, atau cuma gejala-gejala ringan. Tapi belum termasuk PDP.

“Jadi saya mohon kepada masyarakat bahwa penyakit ini bukan aib. Jadi jangan mendiskreditkan orang yang disebut sebagai ODP. Yang PDP pun, siapa yang mau sakit sebetulnya. Jadi mari kita sama-sama menyebarkan edukasi ini kepada masyarakat luas,” tuturnya.

Kepada masyarakat, dia juga meminta untuk tidak mengecilkan hati orang yang sudah terpapar oleh virus Corona.

Baca Juga : Pejabat Pulang DL Diusulkan Wajib Masuk Daftar ODP

“Untuk teman-teman PDP yang sudah tahu dirinya masuk dalam ODP tidak usah berkecil hati, tetap menjaga kesehatan dan kebersihan, serta meningkatkan imunitas supaya tidak naik statusnya menjadi PDP,” kata dia, berpesan.

Dalam masa mengantisipasi tersebarnya virus Corona, menurut Astrid tim dari Dinas Kesehatan Provinsi Babel juga berusaha dengan tidak henti-hentinya melakukan edukasi ke masyarakat.

“Setiap hari kami cetak flyer baru, dan ada tim yang setiap hari keliling untuk membagikan flyer ke masyarakat,” tuturnya.

Donny Fahrum | Vio

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button