NEWS

BREAKING NEWS: Massa Hadang Penumpang di Depati Amir, Lion Air Langgar Kesepakatan?

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Meski pembatasan penerbangan ke Bangka Belitung telah disepakati, namun maskapai Lion Air tetap terbang di luar kesepakatan. Jatah terbang satu kali untuk Senin, 30 Maret 2020 adalah hanya milik NAM Air, sesuai kesepakatan bersama antara Pemprov Babel dengan maskapai.

Senin, 30 Maret 2020, pesawat Lion Air berkode terbang JT-142 tiba di Bandara Depati Amir, sekitar pukul 06.50. Pesawat ini terbang dari Palembang.

Kehadiran penumpang dari pesawat di luar jadwal kesepakatan ini, tak urung mendapat penolakan dari massa yang menggelar aksi di luar pintu gerbang Bandara Depati Amir.

Massa sempat menghadang laju kendaraan yang membawa penumpang yang baru tiba dari Jakarta. Mereka meminta kendaraan tidak keluar dari area bandara. Takut menulari masyarakat Bangka oleh virus Corona yang mungkin terbawa oleh penumpang dari zona merah, menjadi salah satu alasan massa melakukan penghadangan.

Aksi penghadangan orang keluar bandara ini, mendapat pelarangan dari kepolisian.

“Saya mendukung aksi bapak-bapak. Tapi tidak boleh menghalangi orang untuk keluar,” kata Kabag Ops Polres Pangkalpinang, Kompol Jadiman Sihotang setengah berteriak, kepada massa aksi.

Kata dia, polisi memahami adanya aksi tersebut. Namun tidak dengan cara penghadangan. “(Di dalam) kita akan panggil pihak maskapainya. Ini kan seharusnya NAM Air, kenapa Lion bisa masuk?” ujarnya.

Informasi akan tetap terbangnya Lion Air, dikabarkan Sekda Babel Naziarto, tadi malam.

“Besok (hari ini -red) Lion Air tetap akan landing. Pihak Lion sini sudah berupaya untuk ngasih pengertian ke pusat (pihak direksi), tapi pusat (pihak direksi) tetap menunggu surat dari Kemenhub,” kata Naziarto, Minggu malam, 29 Maret 2020.

Lebih lanjut Sekda ikut menyesalkan pihak Lion Air yang membandel.

“Lion kok membandel, sementara airlines yang lain manut. Apa langkah kita? demi masyarakat Babel yang kita cintai ini. Selain itu kita harus mengamankan marwah surat Gubernur kita,” kata Sekda, lewat layanan pesan instan.

Dari informasi yang dihimpun Lensabangkabelitung.com, Lion Air dikabarkan tak cuma terbang pagi ini saja. Akan ada juga kedatangan JT 616 pukul 11.10 siang nanti, dan JT 612 akan tiba sekitar pukul 14.50. Kedua pesawat ini terbang dari Jakarta.

Adapun NAM Air yang memiliki slot jatah kesepakatan untuk terbang hari ini, dengan IN 078 akan tiba pukul 11.20.

Terpisah, Corporate Communication Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro saat dihubungi Lensabangkabelitung.com, belum bisa berkomentar. Dia hanya menjawab ucapan salam yang disampaikan, lewat layanan pesan instan. Pertanyaan berikutnya tak dijawab. Pun begitu, panggilan ke nomor selulernya tak diangkat.

Donny Fahrum | Nico Alp

Related Articles

One Comment

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close