NEWS

Bangka Barat Klaim Mampu Keluarkan Rp 20 Miliar untuk Tangani Covid-19

Lensabangkabelitung.com, Muntok – Menurut Abimanyu selaku Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kabupaten Bangka Barat, APBD dari kabupaten yang dipimpin oleh Bupati Markus saat ini mampu diserap hingga Rp 20 miliar untuk penanganan Covid-19.

Dana Rp 20 miliar yang dimaksudkan oleh Abimanyu itu berasal dari anggaran DAK Kesehatan Fisik dan Non-fisik, belanja tak terduga, penundaan kegiatan-kegiatan serta dana lainnya yang ada di dalam APBD Kabupaten Bangka Barat.

“Untuk penganggaran ini berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan (KMK), bahwa boleh mengubah DAK Kesehatan baik fisik dan non-fisik untuk pencegahan Covid-19 ini, kemudian sudah ada surat edaran Menteri Dalam Negeri untuk merubah APBD, tinggal Pemda Bangka Barat menindaklanjuti,” jelas Abimanyu di kantornya, Selasa 24 Maret 2020.

Kemudian, Abimanyu mengatakan untuk angka pasti yang akan dikeluarkan guna penanganan Covid-19 di Bangka Barat ini masih belum ada.

Hal tersebut dikarenakan masih menunggu usulan anggaran yang akan diajukan oleh tiga OPD yang terkait yakni, Satuan Pol-PP dan Penanggulangan Bencana, Dinas Kesehatan dan Dinas Kominfo.

“Secepatnya ditunggu usulannya, minggu kemarin keluar KMK, semenjak KMK keluar langsung dibahas, kemudian hari jumat pun sudah ada pembicaraan dari Bupati terkait itu,” demikian Abimanyu.

Penulis: Sepri | Editor: Donny

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button