NEWS

Anggota DPRD Pangkalpinang Minta Ruang Isolasi RSUD Diperbanyak

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Keberadaan ruang isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah Depati Hamzah, masih perlu ditambah. Meski saat ini sudah diperbanyak menjadi 14 kamar dari sebelumnya hanya 3, jumlah ini masih dirasakan kurang. Antisipasi situasi terburuk bagi kemungkinan makin bertambahnya Pasien Dalam Perawatan (PDP) terkait virus Corona, tak cuma ditambah ruangan baru. Bahkan, harus ada satu gedung khusus dengan kapasitas ruangan isolasi lebih banyak.

Hal itu disampaikan Anggota DPRD Kota Pangkalpinang, Dwi Pramono ketika merespon kian tingginya grafik terpaparnya orang dalam kasus yang berkaitan dengan Covid-19 di Indonesia. Selain memperketat pintu masuk dari luar ke Pulau Bangka, penambahan ruangan perawatan mutlak diperlukan.

“Kita jangan lengah. Di luar daerah jumlah yang terpapar makin banyak tiap harinya. Tentunya, kita berharap itu tidak terjadi di sini. Namun langkah antisipasi dengan salah satunya menyiapkan ruang perawatan yang memadai, harus kita lakukan secepat mungkin. Jangan sampai daya tampung tak mencukupi dan akhirnya pasien tak tertangani dengan baik,” kata Dwi Pramono, Rabu, 25 Maret 2020 kepada Lensabangkabelitung.com.

Lebih lanjut dikatakannya, keberadaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis dalam menangani pasien, mutlak harus tercukupi. Saat stok di rumah sakit kurang, harus segera diketahui.

“Para dokter dan perawat, mereka harus terlindungi dengan baik. Berada di garda terdepan penanganan, keselamatan mereka menjadi perhatian dan tanggung jawab kita semua. Jangan biarkan mereka bertugas tanpa alat pelindung yang memadai,” ujarnya.

Terkait dengan padatnya arus orang masuk dari luar daerah ke Pulau Bangka saat ini, Anggota Fraksi PPP di DPRD Kota Pangkalpinang ini juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar terus menjaga kesehatan dengan mencuci tangan secara teraktur, dan tetap berada di rumah.

“Langkah membatasi jarak, dengan physical distancing yang disarankan WHO harus kita patuhi. Jangan sampai diri kita tertulari oleh virus Corona itu. Mari saling mengingatkan demi kebaikan bersama. Kepada para orang tua, tolong juga jaga anak-anak untuk tetap berada di rumah dan belajar sesuai anjuran Pemerintah Kota,” demikian kata Dwi Pramono.

Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button