NEWS

Pendaftaran Berakhir, Pilkada Bangka Tengah Tanpa Pasangan Independen

Lensabangkabelitung.com, Koba – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka Tengah resmi mengakhiri masa pendaftaran calon bupati dan wakil bupati dari jalur independen. Hingga batas waktu pendaftaran ditutup pada Minggu, 23 Februari 2020 pukul 24.00 tak ada pasangan independen yang berminat.

Hal ini dikatakan Komisioner KPU Bangka Tengah, Marhaendra, ketika ditemui Lensabangkabelitung.com, Senin, 24 Februari 2020.

Masa pendaftaran sendiri, dikatakannya telah dibuka KPU selama lima hari.

“Acara penutupan tahapan penyerahan syarat dukungan calon perseorangan dihadiri antara lain oleh Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Bangka Tengah, seluruh Staf KPU Banteng dan Ketua Bawaslu Bateng dan Anggota Komisioner Bawaslu Bateng,” ucap Marhaendra.

Sekadar diketahui batas waktu pendaftaran ini berdasarkan Berita Acara Pleno nomor: 33/PL.02.2-BA/7322/KPU-Kab/II/2020 tentang penutupan waktu penyerahan syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan pada penyelenggaraan Pilkada Bateng tahun 2020.

Lebih lanjut Marhaendra menjelaskan bahwa proses pencalonan Pilkada tahun 2020 ini, dan tahapan pencalonan waktunya sangat panjang diawali dengan pengumuman pada 26 Oktober 2019 yang diawali dengan pengambilan username SILON (Sistem Informasi Pencalonan), dan hingga penyerahan syarat dukungan dari 19-23 Februari 2020 pukul 24.00 WIB.

Marhaendra menjelaskan dalam 3 bulan terakhir tak ada calon atau tim sukses datang berkonsultasi terkait pendaftaran melalui jalur independen. Sehingga hari terakhir tak ada pula yang datang untuk berkonsultasi dengan KPU.

“Dengan tidak adanya calon perseorangan yang mendaftar, maka dipastikan pada Pilkada Bateng yang digelar 23 September 2020 mendatang tidak ada calon independen yang berminat atau kosong,” jelas Marhaendra.

Penulis: Hendri

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button