NEWS

Penambang Serang Rombongan Wagub di Belitung, Wakil Bupati : Tidak Ada Pol PP Belitung

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobi mengatakan razia penambang timah ilegal di kawasan Hutan Lindung Geosite Tanjung Siantu Sungai Sengkelik Kecamatan Sijuk Kabupaten Belitung, Sabtu Siang, 2 November 2019 yang berakhir ricuh dilakukan oleh Satpol PP Pemprov Bangka Belitung.

“Kami berharap masyarakat tidak terprovokasi dan tetaplah bersama sama menjaga kondusifitas sebagai wujud Belitung yang damai dan harmonis. Kegiatan itu murni dilakukan Satpol PP Provinsi dan tidak melibatkan Satpol PP Kabupaten Belitung,” ujar Isyak kepada wartawan, Sabtu Malam, 2 November 2019.

Isyak mengaku prihatin dan sedih dengan kejadian anarkis yang dilakukan penambang timah terhadap tim gabungan Satpol PP Bangka Belitung

“Kami sangat sedih dengan kejadian anarkis tersebut. Kondisi ekonomi masyarakat yang tidak baik ini harus bijak dalam bertindak atau merazia,” ujar dia.

Kepala Satpol PP Bangka Belitung Yamoa Harefa saat dihubungi Tempo, Sabtu Malam, mengatakan saat ini puluhan anggotanya masih di lokasi dan belum bisa keluar. Lebih dari 27 anggota Satpol PP menderita luka.

“Yang masih tertahan di lokasi sekitar 27 orang. Sementara yang sudah di rumah sakit saya belum tahu. Saya masih mengurus anggota saya dulu,” ujar dia.

Yamoa menuturkan seluruh peralatan operasional, pribadi hingga seragam dilucuti para penambang dan dibakar, seperti handphone, motor dan peralatan lain.

“Seluruh mobil tim gabungan juga dipecahkan kaca. Mobil Wagub selain kaca pecah, ban mobil juga dirusak,” ujar dia.

Kejadian anarkis tersebut mengakibatkan puluhan anggota Satpol PP menderita luka dan sebagian telah mendapatkan perawatan medis di RSDU Tanjungpandam. Selain itu, 2 unit mobil truk Dinas Kebersihan Beltim, 1 unit mobil Dinas CRV Putih yang ditumpangi Wagub, 1 unit mobil avanza hitam, 1 unit mobil Suzuki Ertiga, 1 unit mobil Suzuki Ertiga Putih, 1 unit mobil mitsubithi Hilux doble kabin warna hitam (3 mobil plat merah dan 4 mobil plat hitam) mengalami kerusakan berat.

Penulis : Vio

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button