NEWS

Komisi III DPR : PT Timah TBK Kontribusinya Minim

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Komisi III DPR RI melakukan kunjungan kerja spesifik dalam rangka evaluasi sistem penegakan hukum di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Dalam kunjungan tersebut, Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Sarifuddin Sudding menyindir PT Timah TBK yang dinilai masih berkontribusi minim terhadap kesejahteraan masyarakat dan penerimaan negara.

“Kita prihatin dengan kondisi masyarakat di Bangka Belitung yang memiliki kekayaan sumber daya timah tapi berada di peringkat 5 garis kemiskinan. PT Timah yang masih ekspor seharusnya bisa memaksimalkan kekayaan timah untuk kesejahteraan masyarakat, penerimaan daerah dan negara,” ujar Sarifuddin kepada wartawan di Gedung Tribrata Polda Bangka Belitung, Jumat, 15 November 2019.

Menurut Sarifuddin PT Timah jangan hanya minta kemudahan dalam regulasi dan penertiban hukum saja. Dia menyoroti kontribusi PT Timah sendiri yang sangat minim dan meminta komitmen PT Timah dalam rangka memberikan kesejahteraan masyarakat.

“Saat ini penerimaan negara dari pajak pertambangan timah masih belum sesuai harapan karena masih dibawah Rp 1 triliun. Dilaporkan hanya sekitar Rp 800 miliar. Sementara potensi kerugian negara mencapai Rp 68 triliun. Ini berarti masih ada persoalan di pertambangan timah Bangka Belitung,” ujar dia.

Menurut Sarifuddin, tidak adanya kepastian hukum dalam sektor pertambangan timah telah membuat investor tidak mau menanamkan investasinya dan lebih memilih membeli timah Indonesia dari Singapura.

“Salah satu yang menghambat ini karena masih banyaknya aparat penegak hukum kita yang mencoba bermain-main,” ujar dia.

Sarifuddin menambahkan pihaknya selaku mitra kerja kepolisian dan kejaksaan akan terus mengawasi bagaimana kinerja aparat penegak hukum.

“Sejalan dengan apa yang diinginkan presiden, kalau ada aparat penegak hukum yang coba-coba menghambat investasi atau menghambat penerimaan negara, hanya ada dua kata, copot dan pecat. Ini harus diimplementasikan sampai ketingkat bahwa sebagai pelaksana,” ujar dia.

Penulis : vio

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button