NEWS

Harga Lada Merosot Hingga Rp 39 Ribu/Kilogram

Lensabangkabelitung.com, Koba – Harga lada di Bangka Belitung khususnya di Bangka Tengah drastis anjlok di level terendah yakni diharga 39rb/kg.

Harga lada saat ini khususnya di kota Koba Bangka Tengah hanya 39rb/kg, kondisi seperti ini sudah satu minggu terakhir.

Salah satu pengepul lada di Koba Bangka Tengah mengatakan kondisi harga lada di kota Koba, merupakan harga terendah dari sebelumnya.

“Harga saat ini hanya 39.000/kg.pengepul di Pangkal Pinang aja sekarang hanya menerima 39.500/kg.Sebelum harga turun seperti sekarang seminggu yang lalu masih lumayan lah sekitar 46rb sampai dengan 48rb perkg,”ujarnya kepada lensa babel saat dijumpai ditoko miliknya, Jum’at(08/11) di Koba.

Ia menyebutkan kondisi harga lada saat ini membuat para petani enggan menjual ladanya sehingga tingkat penjualan lada di toko milijnya menurun dari sebelumnya.

“Kini petani menjual ladanya sedikit paling cuma 5 hingga 10 kilogram saja, hanya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya saja,”ungkapnya

Ia menambahkan sejak kondisi harga yang terus mengalami penurunan hingga senilai Rp 39 ribu perkilogram membuat petani yang menjual lada ke toko miliknya menurun drastis.

“Dulu masih diharga Rp 50 ribu hingga 60 ribu perkilogram, masih banyak petani yang menjual hasil ladanya dan di toko kami ini bisa mencapai 500 kilogram hingga Satu Ton perhari, namun kalau harga sekarang paling 5 hingga 50 kilogram perhari petani yang menjual lada ditoko kami,”pungkasnya

Ia pun mengungkapkan dengan kondisi harga lada yang sangat memprihatinkan ini membuat para petani lebih memilih tidak menjual ladanya.

“Biasa dulunya kalau hari jum’at seperti ini masyarakat banyak keluar untuk berbelanja namun karena harga lada seperti ini membuat daya beli ditingkat masyarakat menurun, dan kami sebagai pengepul dan pedagang pun kena imbasnya karena penjualan pupuk, racun rumput dan alat-alat pertanian tidak ada pembelinya,”pungkasnya.

Penulis : Hendri

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button