NEWS

Pakai Ilmu Sirep Dengan Ritual BAB dan Makan di Rumah Korbannya, Pencuri Ini Gasak Ratusan Juta

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Anggota tim Opsnal Subdit III Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Kepolisian Daerah (Polda) Kepulauan Bangka Belitung berhasil menangkap Iman Sobirin, warga Air Itam Kota Pangkalpinang, yang merupakan pelaku pencurian dengan pemberatan (Curat).

Sebagai bandit, Iman terkenal licin dan selalu berhasil menjalankan aksinya. Bahkan polisi harus memberikan tindakan tegas dan terukur dengan menembak kaki Iman karena melawan petugas dan mencoba melarikan diri saat akan ditangkap. Usut punya usut, keberhasilan Iman dalam melakukan aksi kejahatan tak lepas dari ilmu dan ritual yang dia amalkan.

Iman mengatakan ilmu yang dia pakai didapatnya dari temannya di Desa Mapur Kabupaten Bangka. Sebelum menggasak harta benda korbannya, dia selalu melakukan Buang Air Besar (BAB) dan makan di rumah korban agar tidur terlelap dan tidak terbangun saat dia menjalankan aksinya.

“(Ilmu) itu dapat dari kawan di Mapur. Kalau pakai itu, orang yang ada di rumah tidak tahu saya mencuri dan tetap tidur terlelap. Cuma BAB dan makan saja. Saya tidak ada jimat atau bacaan mantra khusus,” ujar Iman kepada wartawan di Ruang Jatanras Polda Bangka Belitung, Jumat, 26 Juli 2019.

Tersangka Iman mengaku selali melakukan survei rumah calon korbannya pada siang hari sebelum menjalankan aksinya di malam hari. Dari puluhan TKP, dia mengaku mendapatkan harta korbannya paling besar 62 juta.

“Pernah dapat 23 juta, 32 juta dan paling banyak 62 juta. Dalam beberapa bulan terakhir, sudah 12 kali saya melakukan itu. Semua rumah saya numpang BAB dan makan apa yang ada di meja,” ujar dia.

Iman menuturkan hasil kejahatannya digunakan untuk membeli sepeda motor dan habiskan foya-foya di cafe remang-remang yang ada di Pantai Pasir Padi Pangkalpinang.

“Saya melakukannya sendiri tidak ada teman. Sejauh ini apa yang saya jalankan itu (ritual) berhasil,” ujar dia.
Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Bangka Belitung Ajun Komisaris Besar Wahyudi mengatakan tersangka Iman merupakan residivis kambuhan yang sudah tertangkap 8 kali dalam kasus yang sama.

“Tersangka baru saja bebas dan langsung melakukan aksinya sebanyak 12 kali. Kita tangkap saat sedang berada di salah satu toko di kawasan Pantai Pasir Padi. Karena melawan petugas dan mencoba melarikan diri saat pengembangan, tersangka kita berikan tindakan tegas dan terukur di kakinya,” ujar dia.

Wahyudi menambahkan saat ini tersangka Iman beserta barang bukti sudah diamankan di Mapolda Bangka Belitung untuk dilakukan proses lebih lanjut.

“Kita harapkan masyarakat lebih waspada dengan memberikan pengamanan tambahan dirumahnya agar tidak dimasuki pencuri. Dari keterangan tersangka Iman ini, dia hanya menggunakan obeng saja untuk mencongkel jendela rumah,” ujar dia.

Penulis : Vio

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button