NEWS

Kades Rebo Sudah Layangkan Surat Pemecatan Terhadap Kadus Rebo

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Menanggapi aksi warga Desa Rebo, Kepala Desa Rebo, Pendi pada kesempatan tersebut menjelaskan, bahwa kedatangan puluhan warga Desa Rebo tujuannya adalah untuk menurunkan Kelapa Dusun Rebo yang bernama Nuryani.

“Sebelumnya kami dari pihak desa sudah melakukan pemecatan Kadus tersebut dan sudah ditembuskan ke pihak Kecamatan Sungailiat. Tetapi pihak kecamatan meminta kami untuk menelaah lebih lanjut terkait masalah itu,” tukasnya.

Menurut Pendi, aksi demonstrasi yang lakukan warga ini disebabkan karena adanya kesalahan kadus dalam mengambil keputusan dan wewenang yang melibatkan masyarakat Desa Rebo.

“Sebenarnya awal mulanya terkait dengan penandatanganan kesepakatan dengan pihak Kapal Isap Produksi (KIP) yang ada di Pantai Rebo. Disitu kadus menyatakan bahwa masyarakat menyetujui dengan adanya operasi KIP di wilayah perairan Pantai Rebo, tetapi masyarakat justru tidak menginginkan adanya KIP ada disitu,” terangnya.

Menurut keterangan salah satu warga desa Rebo, Amin (40), sebelumnya tidak pernah Kadus Rebo melakukan pendekatan secara persuasif terkait berita acara survei (BAS) terkait KIP.

“Kita tidak pernah ditemui ataupun diajak bicara tentang persetujuan dengan adanya KIP yang ada di Pantai Rebo. Ini yang menjadi masalahnya, dia (kadus-red.) mengatasnamakan masyarakat dalam surat persetujuan tersebut,” jelas Amin.

Amin menegaskan, bahwa sampai sejauh dirinya dan beberapa masyarakat Desa Rebo belum pernah melihat sama sekali isi dari surat perjanjian masuknya KIP.

“Jadi hari ini kami minta Kadus Rebo dicopot dari jabatannya, karena sudah membuat masyarakat kecewa. Bukan hari ini saja kita meminta untuk dicopot, sebelumnya juga sudah dilakukan. Dan kami juga sudah menandatangani berita acara pemecatan kadus yang dibuat oleh kades yang ditujukan ke pihak kecamatan,” tukasnya.

Penulis : vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button