Cheap MLB Jerseys PayPal
Dinas Pertanian Bangka akan Tandai Hewan Kurban Dengan Lebel Kalung Sehat | Lensa Bangka Belitung
NEWS

Dinas Pertanian Bangka akan Tandai Hewan Kurban Dengan Lebel Kalung Sehat 

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Dinas Pertanian Kabupaten Bangka akan melakukan pengecekan kesehatan hewan kurban untuk perayaan Lebaran Idul Adha disetiap konter penjualan sapi maupun kambing yang ada di Kabupaten Bangka termasuk Belinyu dan Sungailiat. 

Dalam rangka memberikan jaminan keamanan konsumsi masyarakat, dinas pertanian membentuk lima tim kesehatan hewan kurban yang akan diterjunkan langsung ke lapangan di delapan kecamatan.

“Setiap tim akan dipimpin satu orang dokter dibantu oleh sejumlah pegawai dari Dinas Pertanian akan melakukan pemeriksaan hewan di semua konter atau tempat penjualan hewan kurban,” jelas
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka, Kemas Arfani Rahman,Rabu (17/7/2019) di Sungailiat. 

Menurutnya, hewan kurban yang sudah dinyatakan sehat oleh tim kesehatan akan diberi tanda kalung untuk mempermudah masyarakat membeli hewan kurban yang sehat.

“Tim akan mengecek di konter penjualan hewan kurban,setiap hewan yang kita nilai sehat akan diberi kalung dengan lebel “telah diperiksa sehat” yang akan dikalungkan dileher hewan yang dijual belikan,” ungkap Kemas. 

Masyarakat yang ingin membeli hewan kurban dihimbau untuk mengecek hewan yang diperjual belikan apakah memiliki kalung berlebel sehat atau tidak. 

“Hewan kurban baik sapi maupun kambing yang dinyatakan tidak sehat, akan dikaji terlebih dahulu untuk mengetahui apakah jenis penyakitnya membahayakan apa tidak, apakah dapat menular kepada manusia atau tidak,” jelasnya.

Dikatakannya tim kesehatan hewan akan bekerja setelah ada pedagang yang mulai menjual sampai pada H-3 perayaan Idul Adha.

Tim kesehatan hewan akan kembali diterjunkan pada saat pemotongan hewan kurban baik di lokasi masjid maupun di rumah pemotongan hewan.

“Tim akan memeriksa hati dan paru hewan kurban yang dipotong untuk mengetahui apakah ada cacing atau tidak, jika didapatkan cacing pada paru atau hati akan dimusnahkan,” ujarnya.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply


Back to top button