NEWS

Tingkatkan Pariwisata, Pemkab Bangka Gelar Sosialisasi Tentang Manajemen Home Stay

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Untuk meningkatkan dunia pariwisata Pemerintah Kabupaten Bangka melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dinparpora) menggelar pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) bidang pariwisata tentang manajemen home stay,Selasa (18/6/2019) di ruang pertemuan Bos Hotel,Sungailiat.

Wakil Bupati Bangka Syahbudin S.IP menyampaikan bahwa Pondok/rumah wisata merupakan salah satu faktor strategis yang memiliki kontribusi penting dalam pembangunan perekonomian nasional maupun daerah lokal.

“Pelaksanaan pelatihan ini difokuskan kepada sektor yang nantinya akan segera dikembangkan dan ditingkatkan kualitas pelayanannya. Karena akan membawa dampak secara langsung kepada pengembangan pariwisataan,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, peserta pelatihan harus memiliki kompetensi minimal yang dibutuhkan penguna arti dari jabatannya.

“Sehingga program pelatihan ini  mampu mengembangkan sikap melayani dan bersama-sama menjaga citra distinasi wisata yang baik. mampu menyelesaikan pekerjaan dengan kompetensi minimal sesuai kebutuhan dilapangan yang diarahkan kepemecahan masalah secara bertahap,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Dinparpora Bangka, Asep Setiawan mengatakan, keberadaan home stay di suatu daerah dianggap penting demi menunjang dunia pariwisata yang sedang dikembangkan. 

“Itu kebutuhan daerah juga, sebagaimana keinginan Kabupaten Bangka yang ingin memajukan sektor pariwisata daerah,”katanya.

Dikatakan Asep, home stay merupakan tempat penginapan yang disediakan oleh masyarakat, kepunyaan masyarakat dan akan memberikan penghasilan tersendiri bagi masyarakat.

Asep juga menyampaikan materi terkait peluang bisnis serta potensi pariwisata daerah yang menjadi sumber pendapatan masyarakat yang akan terjun menjalankan usaha home stay itu.

Untuk itu ia meminta masyarakat agar tidak bimbang jika ingin menggeluti usaha penyedia rumah singgah ini.

“Anda tidak perlu bingung untuk mencari target konsumen, karena pada dasarnya home stay terkadang ramai dikunjungi para wisatawan. Asalkan kenyamanan tempat sangat terjamin,” katanya. 

Ketika memiliki home stay, pemilik juga harus menyediakan peralatan yang dibutuhkan, seperti tempat tidur, karyawan serta perlengkapan lainnya. 

“Intinya kita memberikan pemahaman kepada mereka tentang keuntungan memiliki home stay tersebut. Jadi mereka tahu apa yang menjadi peluang usaha yakni penyediaan home stay tadi,”katanya 

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button