NEWS

Bahas Ekspor Timah, DPRD Babel Gelar Rapat dengan Stakeholder Pertambangan

Lensbangkabelitung.com, Pangkalpinang – Guna mendapatkan informasi jelas terkait permasalahan yang membuat ekspor timah perusahaan peleburan (Smelter) timah swasta, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangka Belitung menggelar rapat dengan seluruh stakeholder pertambangan di Bangka Belitung.

“Rapat lintas instansi ini digelar untuk mendapatkan informasi jelas apa yang menjadi penyebab terhentinya kegiatan ekspor smelter swasta karena beberapa smelter menyampaikan keluhan dan terkesan terjadinya monopoli,” ujar Ketua DPRD Bangka Belitung Didit Srigusjaya kepada wartawan, Jumat, 14 Juni 2019.

Didit menuturkan hasil rapat tersebut diketahui tidak ada pelarangan ekspor dan tidak seperti isu yang berkembang saat ini di Bangka Belitung.

“Selama ini kami berpikir ada aturan yang melarang ekspor. Ternyata tidak ada sama sekali. Itu menurut penjelasan dari pihak surveyor yang diperkuat dengan penjelasan dari Ditreskrimsus, Kementerian ESDM dan Dinas ESDM Babel,” ujar dia.

Didit mengatakan terkait dengan syarat Competent Person Indonesia (CPI) yang belum mampu dipenuhi oleh pihak perusahaan, DPRD akan menggelar rapat kembali baik secara internal maupun rapat dengan seluruh pihak terkait.

“Kita memang belum menggali soal itu (CPI). Tadi hanya fokus soal ekspor saja karena keterbatasan waktu. Tadi masih banyak yang akan ditanya. Dan dari Dirjen Daglu (Perdagangan Luar Negeri) juga batal hadir karena terkendala tiket. Tapi nanti akan kita rapatkan kembali. Tapi soal CPI, tanya yang buat aturan,” ujar dia.

Didit menambahkan pihaknya ingin menegaskan kembali agar tata kelola pertambangan timah di Bangka Belitung lebih baik. Apalagi, kata dia, tata kelola pertambangan timah Bangka Belitung jadi percontohan secara nasional.

“Hari ini kita juga sengaja hanya mengundang instansi terkait, tidak mengundang PT Timah dan pihak smelter. Kita ingin mendapat informasi yang jelas dan menghindari dugaan intervensi atau kontaminasi soal ini,” ujar dia.

Penulis : vio

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button