NEWS

Petugas Kebersihan DLH Bangka Tetap Kerja Meskipun Lebaran

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Untuk mengantisipasi menumpuknya sampah saat lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah,Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka tetap menerjunkan petugas kebersihan meskipun hari libur.

“Jadi petugas kami tetap bekerja meskipun libur cuti bersama, karena jika sehari saja sampah tidak diangkat sudah jadi apa,bila bekerja dihari libur dihitung lembur,kami atur waktunya,”ungkap Meina Lina Kepala Dinas Kebersihan Kabupaten Bangka, Selasa (28/5/2019) di Kantornya. 

Selain pada lebaran Idul Fitri nanti, petugas kebersihan juga tetap melakukan tugasnya mengambil sampah pada bulan Suci Ramadhan,karena menurut Meina di bulan puasa ada peningkatan volume sampah dari hari biasanya. 

“Selama puasa ini memang banyak peningkatan volume sampah, jadi petugas kami tetap bertugas mengambil sampah, “jelas Meina. 

Menurut Meina kesadaran masyarakat untuk kebersihan khususnya membuang sampah pada tempatnya masih kurang. Apalagi banyak keluhan dari masyarakat yang mengatakab banyak sampah yang berserakan dijalan.  

“Tingkat kesadaran masyarakat masih kurang, padahal kami sudah membuat sanksi jika ada masyarakat yang membuang sampah sembarangan.kita juga sudah membuat plank himbauan seperti yang ada dipasar,nanti akan kita pasang di titik yang banyak sampahnya, ” jelas Meinalina. 

Nanti setelah lebaran pihaknya akan berkoordinasi lagi dengan bagian hukum dan satpol pp untuk lebih mempertajam aturan yang ada.

“Dulu dendanya cuma 1,5 juta rupiah, sekarang akan kita tingkatkan lagi jadi 5 juta rupiah,hal ini kami lakukan untuk memberikan efek jera,”jelasnya. 

Meina menghimbau kepada masyarakat,semua yang ada di pemda sama sama menunjukkan juga di dinas untuk menangani sampah dengan sebaiknya,apalagi DLH Bangka sudah ada Bank sampah yang bisa dimanfaatkan. 

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button