NEWS

Mulkan Minta Adat Tradisi Nganggung dilestarikan

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Dalam rangka memperingati HUT Kota Sungailiat yang ke 253 Pemerintah Kabupaten Bangka menggadakan kegiatan Nganggung Sepintu Sedulang,yang dihadiri OPD pemkab Bangka bersama dengan masyarakat, Kamis (2/4/2019) di Gedung Sepintu Sedulang Sungailiat.

Bupati Bangka Mulkan SH, MH bersama Wakil Bupati Bangka Syahbudin membawa sendiri dulang yang berisikan makanan tersebut dari rumah dinas Bupati ke gedung sepintu sedulang dengan berjalan kaki. 

“HUT Kota sungailiat ini kami ingin membuat nuansa dan semangat baru, hari ini kami turut bersama sama dengan masyarakat untuk mencicip isi dulang ini, biar punya cerita, dengan 2000 dulang ini kami sama sama membawa dulang menuju ke gedung sepintu sedulang, ini merupakan nuansa baru yang kami lakukan,” Ungkap Mulkan. 

Selaku pemangku jabatan Mulkan  menginginkan di HUT Kota Sungailiat ini kegiatan sepintu sedulang merupakan puncak dan merupakan salah satu penunjang pariwisata Kabupaten Bangka. 

“Disinilah kita melihat kebersamaan dan kekompakan kita semangat gotong royong kita dikabupaten Bangka sampai hari ini tidak luntur, ” ungkap Bupati. 

Dalam kegiatan yang menyangkut pelestarian Kebudayaan , Pemerintah Kabupaten Bangka sangat serius dalam proses pengaplikasiannya. Hal tersebut terdeskripsi dari sebanyak dua ribu (2000) dulang yang disediakan pada acara tersebut.

Bupati mengimbau kepada generasi muda Bangka agar dapat mejaga serta ikut melestarikan hal-hal yang menyangkut Kebudayaan Daerah, karena menurutnya hal tersebut sebagai rasa syukur kepada para tetuah di Bangka yang telah mencetus ragam Tradisi yang bernuansa Kebudayaan tersebut.

“Kepada masyarakat di Kabupaten Bangka khususnya generasi muda,saya menghimbau agar dapat menjaga sekaligus melestarikan Kebudayaan Nganggung ini khususnya,” harap Bupati.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati (Wabup) Bangka menjelaskan bahwa kegiatan Nganggung Sepintu Sedulang tersebut merupakan bentuk implementasi nyata Pemkab Bangka dalam mewujudkan serta menanamkan rasa toleransi masyarakat Kabupaten Bangka.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button