NEWS

KPU Bangka Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Perhitungan Perolehan Suara Pemilu 2019

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka menggelar Rekapitulasi Hasil Perhitungan Perolehan Suara Pemilu 2019,Rabu (1/5/2019) di halaman kantor KPU Rapat Pleno terbuka ini direncanakan akan dilaksanakan selama tiga hari 1-3 Mei 2019.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka, Corri Ihsan mengatakan pihaknya bersama KPU sudah menjalankan proses Pemilu sesuai tahapan. Bawaslu bertindak sesuai aturan sebagai pengawas pada proses berjalannya Pemilu 2019.

Menurutnya selama proses Pemilu berlangsung ada beberapa hal yang menjadi catatan dan sudah disampaikan kepada KPU. Ia pun mengingatkan kepada setiap Partai Politik yang sudah memiliki catatan sendiri akan menyampaikan dalam rekapitulasi saat ini. 

“Yang dilakukan Bawaslu mengeluarkan rekomendasi untuk menjaga suara dan hak suara kita kembali kepada yang berhak. Parpol sudah memiliki catatab sendiri yang akan disampaikan dalam rekapitulasi ini,”jelas Corru Ihsan. 

Secara nasional kinerja KPU dan Bawaslu menjadi sorotan negatif. Namun ia pun bersyukur Pemilu yang dilakukan serentak di wilayah Kabupaten Bangka tidak terjadi hal – hal seperti di beberapa daerah di luar Bangka Belitung. 

“Bawaslu bekerja sesuai koridornya. sehingga apa yang terjadi diluar tidak terjadi disini. Kita sudah mengantisipasinya sejak awal,”ujar Corri.

Dalam proses rekapitulasi ini apabila terdapat informasi dan catatan – catatan dari masing masih Parpol yang mendapatkan mandat secara sah. Corri mempersilahkan untuk mengajukan penyampaiannya dalam proses rekapitulasi ini. Namun ia mengingatkan laporan tidak berbentuk khayalan melainkan sesuai data

“Dalam proses rekapitulasi ini apabila ada informasi atau ada catatan silahkan disampaikan secara baik. Kita tidak merespon laporan secara khayalan saja. Namun kita data by data saja. Apa yang menjadi catatan penting yang akan disampaikan ke Bawaslu dan KPU silahkan laporkan. KPU tetap adil memberi kesempatan kepada saksi yang memiliki mandat untuk berbicara,” ungkapnya. 

Ketua KPU Kabupaten Bangka, M. Hasan mengatakan dalam rekapitulasi ini KPU mempersilahkan kepada pihak – pihak Parpol untuk mencocokan data yang dipunya dengan data KPU sesuai data. 

“Apabila tidak yakin dengan dengan hasil yang dibacakan maka kita sesuaikan data yang kita punya dengan data kalian kalian punya. Kita sudah menjalankan proses Pemilu sesuai tahapan,”ujar Ketua KPU seraya membuka rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara Pemilu 2019 KPU Kabupaten Bangka pagi itu. 

Sementara Restunemi, Staf Ahli Bupati Bidang Politik dan Pemerintahan Pemkab Bangka, Kapolres Bangka, AKBP.  Budi Ariyanto, SH, SIK, Dandim Bangka, Letkol Arm. Riski Budianto yang hadir hari itu pun meminta untuk masing masing perwakilan Parpol untuk tetap menjaga situasi Pemilu 2019 agar tetap berlangsung aman dan kondusif hingga tujuan akhir pemilu dapat diwujudkan sesuai bersama.

“Proses pemilihan umum yang kali ini sangat panjang. Dan memakan biaya besar,tenaga dan pikiran. Tugas ini tidak ringan. Tapi kalau sama sama mendukung saling kerjasama pekerjaan yang berat akan jadi ringan dan hasilnya pun baik,” ungkap Restunemi

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button