NEWS

Jadi Tuan Rumah PRB Tingkat Nasional, Gubernur Erzaldi Minta Saran Kepala BNPB

Lensabangkabelitung.com, JAKARTA – Jika tak ada aral melintang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), akan menjadi tuan rumah Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Tingkat Nasional 2019, tepatnya pada tanggal 13 Oktober 2019.

Untuk hal tersebut, Senin (6/5/2019), Gubernur Erzaldi mengunjungi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjend (TNI) Doni Monardo, di kantornya Jakarta Timur.

Dalam kunjungan yang didampingi Kepala Pelaksana BPBD Babel, Mikron Antariksa, dan Penyusun Program dan Anggaran BPBD Babel, Raden Hardiansyah, Gubernur Erzaldi meminta saran Kepala BNPB.

Di hadapan Kepala BNPB, Gubernur Erzaldi mengatakan, Babel secara umum siap dan bersedia untuk menjadi tuan rumah PRB Tingkat Nasional 2019. Kesiapan tersebut, diantaranya telah melaksanakan Apel Siaga Bencana di Desa Penyak bulan Oktober 2018 lalu.

Dilanjutkan, kata dia, dengan pengukuhan para relawan, berpartisipasi dalam kegiatan Penanggulangan Bencana yang bersifat nasional seperti Lombok Peduli, Palu Peduli, Lampung Peduli dan Bengkulu Peduli.

Kegiatan lainnya, disampaikan Erzaldi, ngopi bersama Gubernur yang dihadiri sebanyak 165 komunitas (lebih kurang 700 orang) pada tanggal 20 April 2019, simulasi kebencanaan, konvoi ke desa-desa dan melakukan penanaman bibit pohon yang disinggahi serta apel bersama komunitas.

Gubernur Erzaldi juga mengatakan, Babel telah mempersiapkan bibit-bibit pohon dan buah-buahan seperti Pohon Gaharu yang penanaman tersebut akan difokuskan di sekitar Gunung Mangkol, mengingat lahan di wilayah tersebut sudah kritis akibat penambangan liar.

Sementara itu, Letjend Doni Monardo, didampingi Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB, Bernardus Wisnu Widjaya beserta para Pejabat Eselon III BNPB, meminta agar susunan acara disusun sedemikian rupa, dan akan dijadikan skala nasional bahkan internasional.

Acara tersebut, kata Kepala BNPB, nantinya akan diundang Menteri ESDM, Menteri Perindag, Menteri Kelautan dan Kemaritiman, Menteri Lingkungan Hidup, serta Menteri Pariwisata. Beberapa tokoh nasional juga akan diundang, seperti artis nasional asal Babel dan Ahok.

Untuk acara puncak, agar Pemprov Babel menggandeng TNI, karena bertepatan dengan HUT TNI. Acara-acara yang dimaksud adalah Triatlon (marathon, renang dan sepeda), Penanaman pohon, Lomba Mancing, kuliner serba seafood, dan Off the Road. Selingan acara-acara tersebut adalah penampilan budaya local. Untuk acara triathlon dan mancing, akan diundang para penghobbi dari Negara Malaysia, Singapura, Thailand dan China.

Diakhir pertemuan, Kepala BNPB RI Doni Monardo menyatakan kesediaannya untuk hadir pada acara puncak tanggal 13 Oktober 2019, dan akan tiba duluan dua hari sebelumnya untuk memancing dan menikmati panorama Pulau Bangka.

Penulis : ADV/Humaspro/Pongky

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button