NEWS

Gubernur Erzaldi Geram dengan Pelaku Penyalahgunaan Narkoba 7 Kilogram

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman tidak dapat menyembunyikan raut wajah geram dan kesalnya saat kegiatan ekspos pengungkapan kasus 6 kilogram narkoba jenis shabu-shabu yang digelar di Kantor BNN Bangka Belitung, Jumat, 17 Mei 2019.

Erzaldi kaget setelah mengetahui bahwa narkoba di Bangka Belitung ternyata masuk dalam jumlah besar melalui Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok Kabupaten Bangka Barat.
Turut diamankan empat orang tersangka, yakni M, H, A dan AM.

Dari empat orang tersangka yang merupakan kurir, diketahui perintah pengiriman narkoba ke Bangka Belitung dilakukan oleh bandar narkoba bernama Teddy Wong di Pekanbaru.

“Kalo ada yang menghubungi kamu, atau bos kamu yang menghubungi, kamu bilang ada salam dari saya. Bilang ke dia supaya dia mati sajalah,” ujar Erzaldi saat berbicara dengan tersangka M di Kantor BNN Bangka Belitung, Jumat, 17 Mei 2019.

Erzaldi mengaku bertambah kesal karena tersangka mengaku sudah lebih dari satu kali mengirimkan narkoba ke Bangka Belitung melalui jalur laut Pelabuhan Tanjung Kalian. Dimana pengiriman pertama 2 kilogram berhasil.

“Sebelumnya mau kirim lagi 4 kilogram. Tapi batal karena mereka tahu ada razia. Sekarang tertangkap 6 kilogram. Prediksi saya narkoba jenis shabu masuk ke Babel ini dari Tanjung Kalian paling tidak 10 kilogram setiap bulan,” ujar dia.

Menurut Erzaldi, pengungkapan kasus tersebut bukan semata-mata menunjukkan prestasi. Tapi menunjukkan ini adalah bencana bagi Bangka Belitung.

“Tidak bisa kita menyerahkan kasus ini ke pihak berwajib saja. Seluruh masyarakat harus berpartisipasi dan bersinergi mencegah masuknya narkoba dan peredarannya,” ujar dia.

Kepala BNN Bangka Belitung Brigadir Jenderal Nanang Hadiyanto mengatakan terbongkarnya kasus tersebut setelah pihaknya menerima informasi dalam waktu tiga hari ada dua pengiriman narkoba jenis shabu-shabu ke Bangka Belitung melalui kapal feri KMV Dharma Sentosa di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok.

“Tangkapan pertama diamankan satu orang dengan 1 kilogram Shabu yang dibungkus dalam kemasan teh China warna hijau. Sedangkan yang kedua lebih besar, yakni 6 kilogram Shabu dan sekitar lima ribu pil ekstasi dan happy five dengan tiga orang kurir. Semua tersangka dan barang bukti sudah diamankan di BNN Bangka Belitung,” ujar dia.

Nanang menambahkan saat ini pihaknya masih terus mendalami kasus tersebut untuk mencari sel baru yang diduga sebagai penampung narkoba tersebut. Dia menyebutkan rencana narkoba tersebut akan diambil seseorang di Kota Pangkalpinang.

“Diduga Shabu tersebut berasal dari Malaysia yang masuk via Batam terus dibawa ke Riau, Palembang dan berakhir di Bangka. Para pelaku terancam hukuman mati dan penjara seumur hidup,” ujar dia.

Penulis : Vio

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close