NEWS

Dinas Pertanian Bangka Melakukan Pengecekan Keamanan Daging Sapi dan Ayam

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Untuk memastikan bahwa daging yang dijual di pasaran aman untuk dikonsumsi selama Ramadhan, Dinas Pertanian Kabupaten Bangka, melakukan pemeriksaan daging di sejumlah pedagang di pasar tradisional, yang ada di Sungailiat.Kamis (9/5/2019).

“Hari ini kita melakukan pengecekan keamanan daging sapi dan ayam, dalam rangka pelaksanaan Bulan Ramadhan 1440 Hijriah, “ungkap Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka, Kemas Arfani Rahman.

Kemas menilai kegiatan ini penting dilakukan karena menyangkut keamanan konsumsi bagi masyarakat selama Ramadhan, maupun saat perayaan Idul Fitri.

Untuk pengecekan pada hari ini dinas pertanian Bangka bekerjasama dengan laboratorium dari dinas pertanian provinsi Bangka Belitung. 

“Selain pasar Kite Sungailiat, kami juga akan memeriksa di pasar Inpres, kenanga dan pasar lain yang ada di  Kecamatan Sungailiat,” Jelas Kemas. 

Kemas mengatakan jika dari hasil pengujian laboratorium ada daging yang tidak sehat dan tidak layak konsumsi, maka akan dilakukan pembinaan kepada para pedagang agar tidak melakukan hal serupa lagi.

“Kami lebih mengedepankan pada pembinaan kepada pedagang jika diketahui ada daging yang tidak sehat dan tidak layak konsumsi, akan ditelusuri asal usul pemotongan hewan tersebut,” jelasnya.

Sementara itu untuk mengatasi lonjakan harga daging dikatakan Kemas berdasarkan laporan dari suplayer sampai saat ini masih dalam posisi aman. 

“Kami mengoptimalkan koordinasi dengan dinas terkait agar kebutuhan pangan masyarakat selama bulan ramadhan benar-benar terjaga,” katanya.

Selain mengecek keamanan daging,dinas pertanian Kabupaten Bangka juga akan melakukan pengecekan pangan sehari hari, seperti harga telur,sayur mayur beras dan lainnya. 

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button