NEWS

BKPRMI Bangka Mewisuda 824 Santri TPA 

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Sebanyak 824 santri TPA dari empat kecamatan se Kabupaten Bangka mengikuti wisuda DPD BKPRMI Kabupaten Bangka Rabu (1/5/2019), di Halaman Kantor Bupati Bangka.

Para wisudawan santri TPA ini merupakan bagian dari 2.251 santri  TPA yang akan diwisuda pada tahun 2019 ini. 

Ketua Umum DPD BKPRMI Kabupaten Bangka, Hari Subari menuturkan, wisuda kali ini menjadi peristiwa bersejarah bagi semua pihak terkait, bagi anak-anak, orang tua/wali, santri dan penyelenggara di tingkat kecamatan dan kabupaten. Sebab, untuk pertama kalinya dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Bangka sepanjang sejarah pelaksanaan wisuda TPA BKPRMI Kabupaten Bangka. 

“Jumlah wisudawan se Kabupaten Bangka 2.251 santri, yang diundang hari ini 824 santri dari empat kecamatan dengan rincian Kecamatan Sungailiat 278 orang, Kecamatan Riau Silip 190 orang, Kecamatan Pemali 167 orang dan Kecamatan Puding Besar 189 orang. Kegiatan ini adalah yang pertama kali dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Bangka,” ungkap Hari Subari.

Menurutnya, santri wisuda TPA ibarat “padi” yang berasnya dipersembahkan untuk Kabupaten Bangka yang Insya Allah akan jadi benih terbaik menghasilkan “beras” sebagai berkualitas. Artinya, para santri yang diwisuda merupakan kader terbaik untuk Kabupaten Bangka kedepan. 

“Wisudawan TPA ini merupakan “padi” sebagai kader yang baik untuk menjadi generasi yang berintegritas dan berkualitas bagi Kabupaten Bangka. Tapi kalau tidak dibantu orang tua anak ini nanti bisa jadi ‘parasit’ yang hanya menonton televisi dan main HP (handphone). Kami saat ini telah melakukan program 18-21 (jam 18.00-21.00) sebagai gerakan menghindari anak-anak dari HP dan televisi,”katanya. 

Kegiatan BKPRMI Kabupaten Bangka tidak hanya pembelajaran Al Quran di tingkat TPA.  Saat ini terdapat unit remaja masjid berjumlah 41 unit tersebar di 8 kecamatan se Kabupaten Bangka. Namun masih ada kecamatan dengan unit remaja masjid yang minim sehingga dibutuhkan dukungan pihak terkait untuk mengaktifkan unit remaja masjid. 

“Unit remaja masjid masih ada yang minim seperti di Kecamatan Riau Silip hanya dua unit, Mendo Barat sebagai kecamatan santri juga masih minim. Mohon nanti kepada pihak berwenang agar remaja masjid ini dibantu,” harapnya. 

Sementara itu, Bupati Bangka yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka, Padli mengatakan, wisuda TPA akan menjadikan anak-anak bisa membaca Al Quran. Pemkab Bangka menyambut baik dengan nantinya memadukan program yang ada di Pemda Bangka yakni program “Ayo Cinta Baca Al Quran”. 

“Bersyukurlah anak-anak kita sekecil ini bisa membaca Al Quran, minimal surat – surat pendek dan Juz Amma. Ini satu modal kedepan bagi kita untuk membangun bangsa dan negara ini sebagai modal imam dan taqwa,” kata Padli. 

Ia juga mengajak BKPRMI Bangka untuk terus memberi manfaat, menegakkan keadilan dan kebenaran untuk bangsa dan negara dalam konteks NKRI.

“Mari kita bina, kita ajak-anak didik kita agar menjadi orang yang selalu bersyukur dan berbakti kepada orang tua,” katanya. 

Dalam kesempatan wisuda TPA, BKPRMI Kabupaten Bangka juga melakukan pemberian penghargaan kepada pemerintah Kecamatan Belinyu dan pemerintah Kecamatan Merawang,  Komunitas Wartawan Bangka (KWB) dan beberapa unit TPA. Termasuk pemberian penghargaan kepada wisudawan wisudawati terbaik. 

Tampak hadir dalam acara wisuda santri TPA/TKA dalam naungan DPD BKPRMI Kabupaten Bangka antara lain Kabag Kesra Setda Bangka,  H. Rahmani,  Kasat Binmas Iptu Nanang,  Penasehat BKPRMI Bangka Ust. Fadillah Sabri,  Kepala Kemenag Kabupaten Bangka. Dalam kesempatan kemarin pun ditandai simbolis penyerahan 500 bibit pohon buah mangga dari Forum DAS Babel kepada BKPRMI Kabupaten Bangka untuk penghijauan.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button