NEWS

Baznas Bangka Tetapkan Besaran Zakat Fitrah Tahun 2019 Sebesar Rp. 32,500 Per Jiwa

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Setelah melakukan rapat bersama ulama dan pengurus mesjid di Kabupaten Bangka, pada Kamis (9/5/2019) di Mesjid Agung Sungailiat.Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bangka, telah menetapkan zakat fitrah yang wajib dibayar umat Islam sesuai syaratnya pada Ramadhan 1440 H ini sebesar Rp 32.500 per jiwa.

“Jadi Tahun ini ketentuan besaran zakat tidak jauh beda dengan tahun lalu, sesuai dengan kesepakatan para ulama dalam rapat, berapa zakat yang harus dikeluarkan oleh muzaki, yakni zakat fitrah sebesar Rp 32.500 per jiwa,” jelas Nasir Hasan ketua Baznas Kabupaten Bangka.

Menurut Nasir ketetapan zakat fitrah yang harus dibayar sebesar itu, berdasarkan pada konversi data harga beras dan harga emas di pasar selama beberapa hari terakhir.

Zakat Fitrah ialah zakat diri yang diwajibkan setiap individu berupa beras atau makanan pokok sebanyak 2,5 kilogram beras, dimana untuk harga beras saat ini dihitung Rp.13.000 perkilogramnya, jadi ditetapkan Rp32,000 per jiwa. 

“Ketetapan zakat fitrah yang wajib dibayar oleh umat Islam sesuai syaratnya setiap tahunnya nilai berbeda atau disesuaikan dengan harga beras dan emas saat itu,” jelasnya.

Selain menetapkan zakat fitrah, Baznas juga telah menetapkan pembayaran fidyah sebesar Rp20.000 per hari per orang.

“Bagi umat Islam yang tidak puasa sesuai dengan ketentuannya diwajibkan mengganti atau membayar sebesar Rp20.000 per hari per orang,” katanya.

Dia menyarankan seluruh pengurus masjid di daerahnya yang berhasil mengumpulkan zakat fitrah maupun fidyah, untuk membuat laporan ke Baznas kabupaten karena akan dilanjutkan laporan ke Baznas pusat.

“Meskipun Baznas tidak mengetahui uang zakat fitrah yang berhasil dihimpun oleh pengurus masjid, saya berharap untuk membuat laporan untuk dilaporkan kembali ke Baznas pusat di Jakarta,” jelasnya.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button