NEWS

Wabup Bangka “Ngeruah” di Desa Penagan

Lensabangkabelitug.com, BANGKA — Wakil Bupati (Wabup) Bangka Syahbudin hadir pada lebaran ruah atau sedekah ruah yang digelar masyarakat Desa Penagan Kecamatan Mendobarat, ahad (21/04/2019) yang dipusatkan di Masjid Al Huda Desa setempat.

“ Sedekah ruwah atau lebaran ruah ini merupakan kegiatan untuk menyambut kedatangan bulan suci ramadhan. Ruwahan ini dilakukan pada pertengahan bulan sya’ban sehingga sering disebut dengan nisfu sya’ban,” ungkap Syahbudin dalam sambutannya dihadapan masyarakat Desa Penagan yang hadir pada kegiatan tersebut.

Diungkapkan Wabup lebih lanjut, pada bulan ini, masyarakat biasanya mengirimkan do’a nisfu sya’ban dan melakukan kegiatan ziarah ke kuburan keluarga masing-masing. Kegiatan ruwahan sendiri merupakan tradisi kebudayaan untuk mendo’akan orang yang telah meninggal dunia, seperti orangtua, kakek, nenek, anak, Tokoh pendiri kampung, Wali dan lainnya.

“ Tradisi ini dilakukan mulai pertengahan bulan ruwah atau bersamaan dengan sya’ban dalam kalender hijriah,” kata Dia.

Diakhir sambutannya, atas nama Pemerintah Kabupaten Bangka beliau mengucapkan selamat menyambut bulan suci ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi. Dan mengucapkan permohonan maaf lahir dan bathin. Selain hal tersebut, beliau juga menyampaikan apresiasinya kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bangka atas terselenggaranya Pemilihan Umum (PEMILU) Serentak yaitu Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) dengan lancar dan aman. Dikesempatan ini, beliau berharap agar masyarakat menunggu hasil akhir PEMILU dari pihak yang berkompeten, tidak menyebarkan berita ‘hoax’, karena penyebar berita ‘hoax’ ada sanksi pidananya.

Sementara itu, Ketua pelaksana kegiatan sedekah ruah Desa Penagan Effendi dalam laporannya mengatakan semangat dari pelaksanaan kegiatan ruwahan di desanya adalah do’a dari Allahumma baarik lanaa fii Rajabi wa Sya’ban, wa baarik lanaa fii Romadhoona (Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban, serta berkahilah kami dalam bulan Ramadhan-red)

“ Selain hal tersebut, kegiatan sedekah ruah yang di gelar masyarakat Desa Penagan ini, adalah dalam rangka menyambung silaturahmi. Setiap pintu rumah masyarakat Desa Penagan terbuka lebar bagi masyarakat yang mau berkunjung atau silaturahmi ke rumah. Sedekah ruah di Desa kami, kami rayakan seperti halnya Lebaran, malah lebih meriah dari Lebara Idul Fitri dan Lebaran Idul Adha,” ungkapnya.

Pada kegiatan sedekah ruah, yang digelar di Masjid Al-Huda tersebut, digelar dengan adat nganggung sepintu sedulang. Dan ditutup dengan ceramah agama dari Ust.Muhamad Kurnia, Lc.

Tampak hadir pada kegiatan ini Anggota DPD RI Bangka Belitung Hudarni Rani, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung diwakili Karo Humas dan Protokol Setda Provinsi Babel, H.K.A Cholil, Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsospemdes) Kabupaten Bangka Arman Agus serta tamu undangan lainnya. (Rilis)

Penulis : ADV/Pemkab Bangka

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close