NEWS

Tim PPD, Nilai Pembangunan di Kabupaten Bangka

Lensabangkabelitinh.com, Sungailiat – Sejak tanggal 8-9 April 2019 Tim Penilai Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) dari Badan Perencanaan Nasional RI, (Bappenas) tahun 2019,melalukan penilaian di Kabupaten Bangka.

“Jadi Bappenas, ditugaskan Presiden, untuk mencari juara-juara terbaik, Kabupaten, Provinsi, dibidang perencanaan dan pembangunan. Suatu daerah itu dinilai dari perencanaan dan capaian hasilnya seperti apa,” Jelas Ketua Tim PPD Bappenas RI, Budi Santoso,Senin (8/4/2019) di rumah dinas Bupati Sungailiat. 

Dijelaskannnya dari 500 lebih Kabupaten di Indonesia, Kabupaten Bangka masuk dalam sepuluh besar, dan selanjutnya akan dinilai untuk masuk ke rangking tiga besarnya, dan tentunya saingan antara kabupaten-kabupaten yang termasuk terbaik tentunya sainganya akan lebih berat lagi.

Untuk penilaian yang dilaksanakan oleh Tim PPD Bappenas, meliputi bidang perencanaan, pelaksanaan program kebijakan harus efektif dan effisien, kemudian hasil dari program tersebut, pertumbuhan ekonomi, umlah pengangguran, jumlah kemiskinan.

Selain itu juga yang akan menentukan, terkait inovasi apa yang telah diadakan, baik itu menyangkut pelayanan masyarakat, misal inovasi tentang pemberdayaan masyarakat, bidang kesehatan dan lainya.

“Penilaian dengan melakukan kunjungan ke desa-desa, kita juga akan melakukan wawancara dengan para OPD di lingkungan Pemkab Bangka ini, nantinya serta hal-hal lainya,” Jelasnya.

Sementara itu, Bupati Bangka Mulkan SH MH, membenarkan adanya, Tim PPD dari Bappenas RI, sedangka melakukan penilaian di Kabupaten Bangka.

“Saat ini, Tim PPD dari Bappenas, sedang ada di lapangan, mereka turun ke desa-desa, untuk mengkroscek langsung, bukan hanya mendapat data hasil laporan saja, sehingga apa yang kita sampaikan ke Bappenas itu, sesuai tidak dengan keadaan yang sebenarnya dan mereka ingin melihat secara lansung kondisinya seperti apa,” ujar Bupati Bangka.

Menurutnya kedatangan Tim karena Kabupaten Bangka masuk dalam sepuluh besar Kabupaten terbaik se- Indonesia.

“Kalau dibanding dari 500 lebih kabupaten/ kota se-Indonesia, kita masuk sepuluh besar terbaik, tetapi berharap hasil penilaian tim nanti, paling tidak mudah-mudahan, kita masuk tiga besar, bahkan nomer satu nantinya,”Harap Bupati Bangka.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button