NEWS

Serunya Nyoblos di TPS 03 Jerambah Gantung, TPS Merah Putih dan Petugas Berseragam SD

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Tempat Pemungutan Suara (TPS) 03 di Kelurahan Jerambah Gantung Kecamatan Gabek Kota Pangkalpinang mendapat antusias dan daya tarik warga karena seluruh pernak pernik hingga interior didalam TPS bernuansa merah putih. Selain itu, para petugas KPPS mengenakan seragam anak Sekolah Dasar (SD).

Uniknya TPS tersebut membuat ratusan masyarakat berbondong-bondong datang ke untuk mencoblos. Bahkan warga rela berdiri dalam antri panjang karena kapasitas tempat duduk di dalam TPS tidak cukup.

“TPS-nya juga tidak membuat bosan dan monoton karena penuh warna merah putih. Balon juga yang berwarna merah putih. Lucu juga lihat petugasnya berseragam SD,” ujar Maria warga Jerambah Gantung Kota Pangkalpinang kepada wartawan, Rabu, 17 April 2019.

Mariati mengatakan ide kreatif para panitia membuat TPS unik tersebut sangat efektif dalam menarik minat masyarakat untuk datang ke TPS. Masyarakat yang awalnya tidak antusias, kata dia, turut datang melihat dan mencoblos.

“Kebanyakan yang datang awalnya hanya mau melihat tetangga kita yang sudah dewasa menjadi petugas dan berseragam SD. Karena sudah datang, jadi sekalian ikut memilih,” ujar dia.

Mariati sendiri mengaku terkejut ketika datang ke TPS 03 harus menunggu antrian yang cukup panjang karena tempat duduk yang disediakan panitia sudah penuh.

“Saya berdiri nunggu giliran. Kayaknya bisa satu jam nunggunya. Tapi tidak apa-apalah. Memilih cuma lima tahun sekali. Sayang juga tidak menggunakan hak suara. Lagian antrian nggak terasa karena banyak tetangga yang datang dan bisa ngobrol. Hari ini kita ketemu semua. Biasanya jarang kumpul,” ujar dia.

Sementara Ketua KPPS dan petugas belum bersedia memberikan keterangan kepada awak media karena masih menjalani tugas. Dengan membludaknya masyarakat yang datang, petugas terlihat sibuk memberikan pelayanan.

Pantauan di TPS 03 terjadi antrian yang cukup panjang hingga keluar TPS. Masyarakat yang datang langsung disambut oleh Bujang Dayang Kota Pangkalpinang yang bertugas menyambut tamu.
Sementara untuk tata cara pencoblosan dan daftar peserta pemilu dipajang di Majalah Dinding yang ada disamping pintu masuk TPS.

Penggunaan seragam SD dan merah putih TPS disesuaikan dengan tema TPS 03 Jerambah Gantung, yakni Mengenalkan demokrasi melalui kegiatan pemilihan umum sejak usia dini untuk mencapai mufakat sesuai dengan asas-asas yang telah ditetapkan serta menciptakan suasana yang penuh keceriaan, aman dan nyaman untuk pemilu damai 2019.

Penulis : Vio

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button