NEWS

RS Depati Bahrin Sungailiat Belajar Tanggulangi Kebakaran

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Terjadi kebakaran di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Bahrin Sungailiat, Jum’at (26/4/2019).

Asap mengepul dari lantai dua bagian Emergency RSUD Depati Bahrin Sungailiat, sekira pukul 10.20 WIB.Para pegawai serta pasien yang sedang memeriksakan diri ke RSUD Depati Bahrin berhamburan keluar ruangan untuk menyelamatkan diri, sehingga pelayanan rumah sakit sempat terhenti. 

Kemudian pihak RSUD Depati Bahrin Sungailiat langsung menghubungi pihak Damkar Sat Pol PP Kabupaten Bangka, tak berapa lama, satu mobil unit beserta petugas tiba di lokasi dan langsung melaksanakan evakuasi para pegawai serta pasien rumah sakit yang ada di lantai dua. 

Untuk mencegah api semakin membesar dengan sigap para petugas damkar langsung menyemprotkan air ke sumber api  tidak memakan waktu yang lama, apa di bisa dipadamkan.

Akibat kebakaran tidak ada korban jiwa, hanya ada beberapa pegawai  yang mengalami luka ringan.

Demikianlah kegiatan rangkaian simulasi kebakaran yang dilaksanakan pihak Damkar Sat Pol PP Kabupaten Bangka di RSUD Depati Bahrin Sungailiat.

Simulasi ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Nasional tahun 2019, yang dilaksanakan serentak secara Nasional pada tanggal 26 April 2019 mendatang. 

Kasat Pol PP Kabupaten Bangka, M Dalyan Amrie mengatakan kegiatan ini serentak dilakukan Indonesia, memperingati hari kesiap siagaan bencana. Tim damkar melakukan evakuasi korban dalam kejadian tersebut.

“Kita melaksanakan evakuasi dilantai atas yang terjadi kebakaran ada upaya manual, tetapi ada juga dukungan pemadam kebakaran, bagaimana evakuasi korban di ketinggian, ada sistem menggunakan tangga darurat dan flaying fox, dengan tali dikarenakan kondisi tangga darurat tidak memungkinkan, sehingga ada tim mencoba melaksanakan evakuasi di ketinggian,”ujarnya

Latihan bersama evakuasi ini dilakukan semua pihak, bertujuan untuk kesiapsiagaan masyarakat. 

“Untuk di Kabupaten Bangka ini, kegiatan peringatan Hari Kesiapsiagaan Nasional tahun 2019, kita laksanakan simulasi pemadaman kebakaran di RS Depati Bahari Sungailiat. Melalui kegiatan simulasi pemadaman kebakaran di RSUD Depati Bahari Sungailiat ini, nantinya pihak rumah sakit bisa mempersiapkan diri,mempersiapkan peralatan pemadam kebakaran sendiri, sehingga apabila terjadi kebakaran, pihak rumah sakit sudah tahu tindakan apa yang harus dilakukan secepat mungkin, sebelum petugas pemadaman kebakaran datang ke lokasi,”Jelas Dalyan Amrie didampingi Kabid Penangulanan Bencana, Ahmad Fauzi.

Sementara itu, Direktur RSUD Depati Bahrin Sungailiat, dr Jasminar mengatakan kegiatan simulasi kebakaran di RSUD Depati Bahrin Sungailiat, dilaksanakan kerjasama pihak rumah sakit dengan Damkar Sat Pol PP Kabupaten Bangka.

Selain untuk kesiagaan para pegawai rumah sakit dalam menangani kejadian kebakaran, juga dalam rangka memperingati hari Kesiapsiangaan Nasional, yang dilaksanakan serentak di Seluruh Indonesia. 

“Kita mengucapkan terima kasih, kepada pihak damkar, yang juga telah memberikan pengetahuan tentang pencegahan dini, serta penanganan evakulasi korban saat terjadi kebakaran. Setidaknya nanti para pegawai rumah sakit sudah mengerti tentang penggunaan alat pemadam kebakaran, bisa melakukan evakuasi korban dan lainya,” katanya.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button